Pemerataan Akses Pendidikan Tinggi di Indonesia Timur, UT Jalin Kerja Sama dengan Politeknik Negeri Kupang

Dalam upaya mewujudkan arahan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam meningkatkan Angka Partisipasi kasar (APK) di Indonesia, Universitas Terbuka (UT) terus memfasilitasi perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk bekerja sama dalam pengembangan pembelajaran dalam jaringan (online). UT menyambut dengan tangan terbuka kerja sama yang tertuang pada nota kesepahaman dengan Politeknik Negeri Kupang dalam pengembangan tri dharma perguruan tinggi. Kerja sama ini ditandatangani Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D dan Direktur Politeknik Negeri Kupang Nonce Farida Tuati, SE., M.Si.

Dalam sambutannya, Rektor UT menyampaikan bahwa terjadi pergeseran interaksi akademik yang konvensional face to face (tatap muka secara langsung) ke arah blended (campuran antara tatap muka dengan tanpa tatap muka). Hal ini diharapkan dapat mendukung penyelenggaraan pendidikan yang lebih efektif dan efisien. Sejalan dengan visi UT guna menyediakan akses pendidikan tinggi bagi semua lapisan masyarakat, Rektor UT berkomitmen untuk mendukung pemerataan akses pendidikan di seluruh Indonesia termasuk Kupang.

Rektor UT menambahkan bahwa dengan adanya Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ) diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap komputer dan internet.  Tahap pertama dalam pengenalan UT yaitu mengedukasi mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik mengenai keterampilan belajar secara mandiri dan online.

Direktur Politeknik Negeri Kupang menyampaikan harapannya agar dapat segera menindaklanjuti nota kesepahaman menjadi perjanjian kerja sama dengan UT dalam pengambilan Mata Kuliah Umum (MKU) secara online. Hal ini dikarenakan minat calon mahasiswa yang mendaftarkan diri ke Politeknik Negeri Kupang sangat meningkat dari tahun ke tahun, sehingga perlunya penyediaan mata kuliah secara online.