Transformasi Bisnis Berkelanjutan di Era Digital: Tata Kelola Sektor Publik dan Privat

Perkembangan teknologi yang sangat cepat pada revolusi industri 4.0 memacu para pebisnis untuk terus berinovasi dalam membangun bisnisnya untuk tetap menghadirkan berbagai produk yang menarik bagi penggunanya. Revolusi industri 4.0 mengakibatkan distupsi yang memunculkan berbagai macam produk dan cara produksi yang baru. Secara beriringan, hal ini menuntut sumber daya manusia (SDM) untuk berinovasi dan ikut andil dalam perkembangan digital, sehingga perlunya menjalankan transformasi digital yang strategis untuk mengikuti kondisi bisnis saat ini.

Guna mempersiapkan SDM dalam menghadapi revolusi industri 4.0, Universitas Terbuka (UT) mengangkat tema “Transformasi Bisnis Berkelanjutan di Era Digital: Tata Kelola Sektor Publik dan Privat” pada kegiatan Temu Wicara dan Seminar dalam Rangka Upacara Wisuda UT Periode II 2018/2019 Wilayah 2 Tahun 2019 di Universitas Terbuka Convention Center, Senin (24/06/2019). Temu wicara ini dilakukan antara jajaran pejabat UT dan calon wisudawan sebagai sarana untuk saling berkenalan dan berdiskusi maupun memberi masukan yang membangun bagi UT. Dalam sambutannya, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan bahwa “UT reach the unreach - menjangkau yang tidak terjangkau” dengan moda pembelajaran secara online.

Sejak 34 tahun silam, UT terus mengembangkan Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ), sehingga saat ini UT dijadikan benchmark dalam pengembangan pembelajaran secara online oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Seminar ini dihadiri oleh Tjhai Chui Mie, S.E. selaku Walikota Singkawang. Dalam sambutannya, Walikota Singkawang menyampaikan bahwa UT menjadi solusi dalam meningkatkan kualifikasi pendidikan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Singkawang dengan pelaksanaan PTTJJ.

Pada kesempatan ini, Maryono, S.E., M.M. Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyerahkan beasiswa untuk mahasiswa sebagai salah satu wujud program Corporate Social Responsibility PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Maryono, S.E., M.M. berpesan agar lulusan UT terus meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam mempersiapkan diri pada revolusi industri 4.0

Selaku pembicara, Prof. Dr. H. Suwatno, M.Sc. Guru Besar Komunikasi Organisasi, Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyampaikan bahwa dalam membangun bisnis, perlu keberanian dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh diri sendiri, bekerja keras dan pantang menyerah. Kemudian acara dilanjut dengan sosialisasi Guru Pintar Online, Sumber Pembelajaran Terbuka (Suaka-UT) dan Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA-UT).