Hattrick Tim Debat NUDC UT: Tiga Kali Berturut Turut Lolos ke Tingkat Nasional

Tim debat National University Debate Championship (NUDC) Universitas Terbuka lolos untuk ketiga kalinya ke tingkat nasional setelah bertarung sengit di tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah  III di Universitas Media Nusantara, Serpong, 26 -28 Juni 2019. Pencapaian tahun ini menjadi istimewa karena di samping lolos ke Surabaya, tim UT juga berhasil menyabet 2 posisi di 10 besar debater terbaik. Ade Yunus (FHISIP Program Studi Sastra Inggris) menempati peringkat 10, sementara Arief Darmawan Suwardli (FE Program Studi Akuntasi) merebut posisi ke sembilan. Sebagai adjudikator, Amalia Darmadi (FE Program Studi Akuntasi) juga menorehkan pencapaian yang cukup baik dengan menduduki standing 6 bersama dengan Adjudikator dari Universitas Indonesia. 

Tim yang diasuh oleh Yudi Effendi, M.A. dan Agus Riyanto, M.Ed. dari program studi Sastra Inggris FHISIP berlatih selama 2 bulan sebelum diterjunkan ke lomba. Menurut Kepala LLDIKTI Wilayah III Illah Sailah bahwa NUDC bukan hanya sekedar kompetisi tahunan, tapi merupakan ajang bagi mahasiswa dalam mengasah soft skills yaitu kemampuan berbahasa Inggris, critical thinking, dan menciptakan kompetisi yang sehat antar mahasiswa.

Sebanyak 11 tim terbaik Perguruan Tinggi berhasil masuk ke babak final mewakili wilayah mengikuti seleksi tingkat nasional di Universitas Airlangga, Surabaya tanggal 14-19 Juli 2019 mendatang. Universitas yang lolos ke babak nasional mewakili DKI Jakarta yakni; Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Unika Atma Jaya, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Bakrie, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Tarumanegara, Universitas Al-Azhar, Universitas Bina Nusantara, Universitas Terbuka, dan Universitas Prasetya Mulya.

Kepada Tim UT, selamat berjuang untuk meraih prestasi yang lebih baik pada NUDC tingkat nasional di Universitas Erlangga!

(Agus Riyanto – FHISIP UT)