Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Universitas Terbuka Periode 2019-2023

Dalam rangka mendapatkan Sumber Daya Manusia terbaik, Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan seleksi pemilihan Calon Wakil Rektor bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Universitas Terbuka Periode 2019-2023. Setelah melalui tahap seleksi administrasi, lima tenaga edukatif UT menyatakan kesediaannya sebagai calon Wakil Rektor bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Universitas Terbuka Periode 2019-2023 di lingkungan Universitas Terbuka, yaitu yaitu Ir. Adi Winata, M.Si., Prof. Daryono, S.H., M.A., Ph.D., Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si., Dr. Sofjan Aripin, M.Si., dan Drs. Syaiful Munir, M.Si. (nama sesuai urutan abjad)

Bertepatan di bulan Ramadan, para calon Wakil Rektor melewati tahapan penyaringan lanjutan yaitu uji kelayakan dan kepatutan yang dilaksanakan di Ruang Auditorium FMIPA, Jumat (24/05/2019). Melalui tahapan ini, diharapkan para calon Wakil Rektor dapat menyampaikan visi dan misi yang akan dilakukan pada periode 2019-2023. Prof. Dr. Suciati, M.Sc. selaku Ketua Panitia Seleksi menyampaikan bahwa Wakil Rektor bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan merupakan sebuah jabatan yang penting karena nantinya akan mengurus operasional pelaksanaan kebijakan akademik agar dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada mahasiswa. Rektor UT membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, Rektor berpesan bahwa sebagai perguruan tinggi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, perlunya upaya serta pengawasan yang besar dalam mengawasi mahasiswa serta kegiatan pembelajaran. Rektor berharap UT kedepannya dapat terus memberikan pelayanan yang berkualitas kepada mahasiswa.

Urutan presentasi dilakukan berdasarkan nomor yang dipilih secara acak. Calon pertama, Ir. Adi Winata, M.Si., mengedepankan sistem operasional UT yang prima guna mendukung konektivitas bangsa di era siber. Calon kedua, Prof. Daryono, S.H., M.A., Ph.D., fokus pada pembangunan ekosistem digital di UT. Calon ketiga, Drs. Syaiful Munir, M.Si., menitikberatkan pada penguatan jaringan pada teknis pelaksanaan teknologi informasi dan komunikasi. Sedangkan Calon keempat, Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si., berfokus pada peningkatan kualitas dan student engagement, dan terakhir Calon kelima, Dr. Sofjan Aripin, M.Si., menyampaikan perlunya penguatan leadership dan manajerial. Proses seleksi dilanjutkan dengan wawancara yang dilakukan oleh Tim Panitia Seleksi.