Tingkatkan Layanan Registrasi, UT Jalin Kerja Sama dengan Ditjen Dukcapil

Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 dan Pembukaan Dies Natalis ke-35 Lustrum VII, Universitas Terbuka (UT) dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Ditjen Dukcapil Kemendagri RI) sepakat bekerja sama dalam bentuk penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dalam Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik dalam Lingkup Tugas Universitas Terbuka yang dilakukan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Senin (20/05/2019). Penandatanganan ini dilakukan oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., dengan Direktur Jenderal Dukcapil (Dirjen Dukcapil) yang wakili oleh Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan (Direktur FP2DK) Ir. Gunawan, MA. Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman antara UT dengan Kemendagri RI.

Dalam sambutannya, Rektor UT menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ditjen Dukcapil karena melalui kerja sama ini dapat memberikan manfaat pelayanan bagi mahasiswa dan meningkatkan kualitas pelayanan berbasis internet, sehingga dapat melakukan validasi data saat registrasi berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi calon mahasiswa, calon dosen, dosen dan calon tenaga pendidikan.

Hingga saat ini, Ditjen Dukcapil telah bekerja sama dengan lebih dari 1,200 mitra terutama lembaga sektor pelayanan publik dalam memberikan akses data perorangan, sehingga memudahkan mitranya melakukan verifikasi data calon pelanggannya. Menurut Ir. Gunawan, M.A., Ditjen Dukcapil terus berupaya mengedepankan tata kelola yang lebih baik dalam mewujudkan Single Identity Number (SIN) bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ditjen Dukcapil telah melakukan berbagai sosialisasi terkait penggunaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) sebagai rujukan data tunggal.