Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-111 dan Pembukaan Dies Natalis Universitas Terbuka ke-35 Lustrum VII

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-111 dan Pembukaan Dies Natalis Universitas Terbuka (UT) ke-35 Lustrum VII, seluruh pimpinan dan jajaran staf UT menghadiri upacara di halaman Universitas Terbuka Convention Center (20/5/2019). Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., selaku pembina upacara menyampaikan naskah pidato Menteri Komunikasi dan Informatika mengenai Hari Kebangkitan Nasional ke-111  dengan tema ‘Bangkit untuk Bersatu’ yang berpesan untuk memperbaharui semangat gotong-royong dan kolaborasi sebagai warisan kearifan lokal.

Upacara dilanjutkan dengan rangkaian pembukaan Dies Natalis ke-35 Lustrum VII Universitas Terbuka yang bertema ‘Mengukuhkan Konektivitas Bangsa di Era Siber’. Pembukaan acara dilakukan dengan sambutan oleh Rektor UT.

20190520 Upacara Harkitnas dan Pembukaan Dies Natalis ke-35

Dalam sambutannya disampaikan bahwa, selama 35 tahun berdiri UT terus berkembang pesat yang diiringi berbagai prestasi dan penghargaan baik dalam lingkup regional, nasional maupun internasional. Untuk menghadapi paradigma baru Digital Society, UT sebagai pelopor Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) harus terus berkembang melalui berbagai inovasi-inovasi dalam rangka mengukuhkan perannya sebagai Cyber University. “Berangkat dari tema ‘Mengukuhkan Konektivitas Bangsa di Era Siber’, kita mengharapkan UT dapat mengukuhkan perannya, mengukuhkan kreativitas bangsa melalui jangkauan tanpa batas geografis dan akses pendidikan yang luas dan berkualitas yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi,” ujar Rektor UT. Kemudian, acara dilanjutkan dengan membunyikan sirine dan pelepasan 3500 balon oleh Rektor, para Wakil Rektor, dan Pimpinan UT yang menandai dimulainya seluruh rangkaian kegiatan Dies Natalis Universitas Terbuka ke-35 Lustrum VII.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UT bersama Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri menandatangani Perjanjian Kerja Sama dalam pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Setelah itu, Rektor UT membuka secara resmi ekspose produk penelitian dan pengabdian pada masyarakat oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM-UT) sebagai sarana memaparkan hasil penelitian dari staf akademik dan tenaga pendidikan yang sejalan dengan tujuan Tri Dharma Perguruan Tinggi.