Universitas Jambi menandatangani MoU dengan Universitas Terbuka

Universitas Jambi (UNJA) bersama Universitas Terbuka (UT) sepakat bekerja sama dan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka peningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi melalui pembelajaran jarak jauh serta peningkatan sumber daya manusia (SDM). MoU ini ditandatangani oleh Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., dan Rektor UNJA, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D., di awal acara wisuda UNJA ke 85 di Balairung Universitas Jambi, Sabtu (02/03/2019).

Rektor UNJA dalam sambutannya dihadapan 1.125 wisudawan mengatakan bahwa dengan visinya pada tahun 2020 ingin menjadikan Universitas Jambi menjadi A World Class Entrepreneurship University, UNJA harus dapat mengikuti perkembangan jaman, diharapkan lulusan UNJA dapat menjadi pencipta lapangan pekerjaan daripada bekerja dengan orang lain. Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dalam sambutannya mengatakan bahwa, dunia pendidikan Indonesia saat ini dihadapkan pada era baru sejalan dengan hadirnya revolusi industri 4.0 yang menuntut lahirnya inovasi dan terobosan-terobosan baru dalam pengelolaan pendidikan. Penyelenggaraan pembelajaran yang selama ini berlangsung di ruang-ruang kuliah dirasakan sudah tidak memadai lagi dan harus digeser menuju interaksi akademik yang lebih efektif dan efisien. Pembelajaran dalam jaringan (Daring) adalah suatu keniscayaan.

Selanjutnya disampaikan bahwa ke depan, ada satu peristiwa penting yang akan dihadapi dunia pendidikan kita yaitu hadirnya perguruan tinggi asing di Indonesia serta akan lahirnya 100 perguruan tinggi yang akan menyelenggarakan pendidikan jarak jauh. Oleh karena itu, SDM kita perlu disiapkan dengan baik untuk menghadapi persaingan ke depan seperti yang diamanatkan dalam visi pendidikan.

Dengan kesepakatan ini UT akan berbagi pengalaman dan pengetahuan agar UNJA dapat meningkatkan kapasitas tenaga dosen dan kependidikan, sehingga memiliki kapasitas untuk menyelenggarakan pendidikan jarak jauh terutama pembelajaran dalam jaringan (Daring)