Tampere University of Applied Sciences Kunjungi Universitas Terbuka

Dalam rangka mengembangkan pembelajaran jarak jauh, Tampere University of Applied Sciences (TAMK) kunjungi Universitas Terbuka (UT) di Ruang Sidang Gedung Rektorat Lantai 1, Kamis (10/01/2019). Kunjungan ini merupakan salah satu komitmen yang dilakukan oleh TAMK dalam peningkatan kapasitas universitas terbuka di berbagai negara, termasuk Universitas Terbuka di Indonesia. Kegiatan ini disebut dengan BUKA (Better Universities and Knowledge for All - Universitas dan Pengetahuan yang Lebih Baik bagi Semua) yang fokus dalam memajukan kesetaraan dan akses bagi pendidikan tinggi melalui pembelajaran terbuka dan jarak jauh. Pertemuan ini dihadiri oleh pejabat di lingkungan UT dan TAMK diwakili oleh Dr. Marko Teräs, Ph.D selaku Project Specialist, Dr. Hanna Teräs selaku Principal Lecture, dan Esa Kujansuu selaku Senior Lecturer.

Prof. Ojat Darojat, M.Bus, P.hD., Rektor UT menjelaskan dalam sambutannya, bahwa saat ini UT sedang mengembangkan tiga kategori pembelajaran jarak jauh yaitu pembelajaran secara penuh melalui daring, campuran antara daring dan tatap muka, serta pertemuan tatap muka secara penuh. Rektor UT menambahkan bahwa jumlah mahasiswa aktif saat ini mencapai 300,000 mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri dengan jumlah lulusan telah mencapai 1,7 juta.

Pada pertemuan ini, Dr. Marko Teräs, Ph.D menerangkan bahwa TAMK telah berpengalaman dalam mengembangkan pembelajaran dan pedagogi secara daring. Ia berharap melalui kerja sama dengan UT dapat mengembangkan pembelajaran jarak jauh secara masif dengan menargetkan seluruh mahasiswa UT. Dr. Hanna Teräs menambahkan bahwa sebelum mengimplementasikan program secara keseluruhan, perlu adanya pengembangan pilot project dan mengevaluasinya, sehingga dapat ditentukan program yang tepat bagi UT. Pertemuan dilanjutkan dengan diskusi yang hangat.