Wisuda UT Periode I Tahun Akademik 2018/2019 Wilayah 2

Tangerang Selatan, (13/11/2018), Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan Wisuda Periode I Tahun Akademik 2018/2019 Wilayah 2 di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) Pondok Cabe, dengan mengundang 984 lulusan program Diploma, Sarjana, dan Pascarsarjana UT dari seluruh Indonesia. Pada kesempatan tersebut, Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan bahwa wisudawan yang hadir telah sukses belajar pada perguruan tinggi yang menerapkan sistem belajar jarak jauhTerkait dengan tema wisuda tersebut, yaitu "Membangun Sumber Daya Manusia yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif pada Era Industri 4.0", Rektor UT menyampaikan bahwa tema tersebut adalah wujud komitmen UT yang memposisikan diri sebagai perguruan tinggi jarak jauh yang sedang memperkokoh jati dirinya sebagai sebuah cyber university.

Pada kesempatan tersebut Rektor UT memberikan penghargaan kepada wisudawan terbaik, Mela Maryani dari Program Studi S1 Sosiologi pada FHISIP, serta penghargaan terhadap tutor terbaik yaitu Heri Purwanto, M.Pd., yang merupakan Tutor Berkinerja Terbaik dari UPBJJ-UT Tarakan.

Dalam wisuda tersebut juga disampaikan orasi ilmiah oleh Amalia Kusuma Wardini, S.E., M.Com., Ph.D., Ketua Pascasarjana Ekonomi dan Bisnis dan Mengelola Program Magister Manajemen Bidang Minat Sumber Daya Manusia pada Fakultas Ekonomi. Orasi ilmiah dengan judul “Human Capital dan Keunggulan Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0”, tersebut menegaskan pentingnya peranan modal Sumber Daya Manusia dalam Industri 4.0. Keberhasilan dan kegagalan institusi sangat tergantung pada bagaimana cara mereka mengelola modal Sumber Daya Manusia yang mereka miliki. Oleh karena itu, Revolusi Industri 4.0 membutuhkan pekerja yang tidak hanya kreatif dan inovatif, tetapi juga memiliki kemampuan teknis yang sesuai dengan lingkungan tersebut. Dengan modal SDM yang memiliki kompetensi dengan karakteristik tersebut, akan tercipta SDM yang unggul, kreatif, dan Inovatif serta adaptif terhadap perubahan, sehingga mampu bersaing secara global di Era Industri 4.0.

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Taufik Madjid S.Sos., M.Si. yang hadir dalam wisuda tersebut, menyampaikan rasa bangga bahwa UT telah meluluskan wisudawan berprestasi dan terbaik yang diharapkan mampu menghadapi Era Industri 4.0 dan memiliki kompetensi dalam pemanfaatan teknologi digital.