TING X 2018: Inovasi dalam Pendidikan untuk Indonesia 4.0

Bertepatan dengan memperingati Hari Guru Nasional, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka (FKIP-UT) mengadakan Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) X pada tanggal 24-25 November 2018 di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Sudah satu windu acara ini diselenggarakan secara rutin guna memfasilitasi para peserta untuk berbagi pengalaman tentang pendekatan, metode dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan ilmu dan teknologi saat ini. Kali ini, tema yang diangkat adalah “Innovations in Education for The Indonesia 4.0”. Tema ini sangat penting untuk pendidik dalam mempersiapkan anak bangsa guna meningkatkan keterampilan dan pemanfaatan revolusi industri 4.0 dalam kehidupan. Seorang guru adalah fasilitator yang mendorong anak bangsa untuk memanfaatkan era revolusi industri 4.0 secara bijak.

Kegiatan tanggal 24 November 2018 berupa workshop dengan pemateri dari Microsoft, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN). Kemudian, acara resmi dibuka oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus. Ph.D pada tanggal 25 November 2018. Ia berpesan agar para pendidik mampu membangun kerangka pikir, menghimpun gagasan dan pengalaman, melakukan refleksi dan praksis. Hal ini sejalan dengan misi mencerdaskan kehidupan bangsa melalui satu sistem pendidikan nasional. Ketua Pelaksana TING X Dra. Johanna Benyamina Sophia Pantow, M.AppL. menyampaikan harapannya agar TING X menjadi wadah yang memperkaya guru dalam mengembangkan berbagai keterampilan anak bangsa menjadi orang-orang yang inovatif.

Diskusi panel melibatkan tiga narasumber yaitu Dr. Airil Haimi Mohd Adnan dari Universiti Teknologi Mara Malaysia; Assoc. Prof. Meg M. Lu dari National University of Tainan; dan Ferro Ferizka Aryananda, S.T., M.Sc., MBA., dari Sr. Program Lead-Asia Pasific & Japan Microsoft Corp yang dimoderatori oleh Lidwina Sri Ardiasih, S.Pd., M.Ed. Kemudian, acara dilanjut dengan sesi tanya jawab.

Sebanyak 132 pemakalah berkumpul dalam acara ini dari berbagai institusi untuk berdiskusi mengenai inovasi-inovasi yang dapat dilakukan pada bidang pendidikan di Indonesia 4.0. Selanjutnya, para pemakalah berkesempatan untuk mempresentasikan penelitiannya dalam diskusi pararel. Diakhir acara diumumkan tiga pemakalah terbaik yaitu Rafidah Abdul Karim dan Abdul Ghani Abu tentang Students’ Practice of Mobile Learning for Education 4.0; Suhartono, Suparti, & R. Aristiati tentang Software Pembelajaran Cerita Rakyat Bernilai Pendidikan Karakter; dan Idha Novianti tentang Penggunaan Software Geoenzo pada Materi Bangun Ruang di Tutorial Mahasiswa S1 PGSD Universitas Terbuka.

“Selamat Hari Guru Nasional”