Rektor UT Mengapresiasi Wisudawan

Universitas Terbuka (UT) merupakan satu-satunya Universitas negeri dengan sistem pendidikan jarak jauh yang disahkan pemerintah. UT menyelenggarakan Wisuda Periode I Wilayah 1 Semester 2018/19.1 di gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan dengan mengundang 2,782 lulusan dari seluruh Indonesia yang terdiri dari Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana (06/11/2018). Sejalan dengan sistem pendidikan UT yang menerapkan metode pendidikan jarak jauh, UT membekali para wisudawan menjadi insan yang mandiri dan disiplin karena sistem jarak jauh dan terbuka yang tidak selalu dimotivasi belajar oleh dosen tatap muka.

Menyinggung seminar wisuda yang sehari sebelumnya diselenggarakan dengan tema “Peran Masyarakat dalam Mewujudkan Kedaulatan Bangsa di Bidang Kelautan dan Perikanan” yang disampaikan oleh Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan Prof. Ir. R. Sjarief Widjaja. Ph.D. FRINA, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M. Bus., Ph.D. menegaskan tingginya potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang dimiliki bangsa Indonesia dapat dioptimalkan pengelolaannya, demi menyejahterakan rakyat dan melestarikan sumber daya kelautan dan perikanan. Oleh karena itu, ia menghimbau untuk terus mendorong pertumbuhan sektor kelautan yang merupakan salah satu misi pembangunan nasional dengan mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasis kepentingan nasional.

Kemudian, Dr. Sri Harijati, M.A. sebagai pembicara dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Pembangunan Pertanian Era Industri 4.0”, ia menegaskan peran utama sektor pertanian dan pentingnya pertanian dalam upaya pengentasan kemiskinan, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat pedesaan. Ia juga menyampaikan perkembangan IPTEK khususnya bidang industri telah membawa perubahan besar dan kemajuan di berbagai sektor, khususnya pertanian. Dengan menggunakan teknologi 4.0, dapat meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya pertanian, produktivitas, serta kualitas produk pertanian.

Disela Upacara Wisuda, UT mengapresiasi Bupati Jember, dr. Hj. Faida, M.M.R. sebagai Mitra Pemerintah Daerah Berprestasi dan Sigit Handoko, S.H., M.Hum. sebagai Tutor Berkinerja Terbaik dari UPBJJ-UT Yogyakarta karena dedikasinya guna mendorong keberhasilan pendidikan di UT. Bupati Jember menyampaikan rasa terima kasih terhadap UT karena telah meluluskan wisudawan berprestasi dan terbaik.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UT juga memberikan penghargaan kepada 10 wisudawan terbaik berdasarkan IPK tertinggi Pada Jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Hal yang membanggakan lainnya, satu keluarga lulus secara bersamaan, yaitu Darmayati yang lulus program Pascasarjana Pendidikan Dasar bersama kedua anaknya (Khadijah dan Aisyah) yang berstatus sebagai pengajar. Darmayati merupakan seorang kepala sekolah menuturkan alasannya menempuh kuliah pendidikan dasar bersama kedua anaknya dengan sistem online karena ingin memotivasi anaknya untuk terus menempuh pendidikan tinggi. Di akhir acara, Dr. Maximus Gorky Sembiring, M.Sc. selaku Kepala Pusat Keilmuan pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UT berpesan bahwa wisudawan harus terus berpikiran positif karena banyak kesempatan jika kita mau membuka diri.