Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila dapat dijadikan momentum bagi masyarakat untuk memperingati dan mengenang kembali peristiwa kelam yang terjadi 53 tahun silam, peristiwa G30S/PKI. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah wujud kebanggaan pada Pancasila yang berhasil menghalau dan menumpas komunis dan Partai Komunis Indonesia (PKI) dari muka bumi Indonesia dan menyelamatkan bangsa Indonesia dari kehancuran pada percobaan kudeta PKI tahun 1965.

Selaku pembina upacara adalah Wakil Rektor bidang akademik, Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. mewakili Rektor Universitas Terbuka (UT) pada upacara Hari Kesaktian Pancasila di Halaman UT- Convention Center, Senin (1/10/2018). Tema yang diangkat adalah “Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa”. Upacara yang dihadiri oleh karyawan, pimpinan, dan pejabat UT berlangsung dengan khidmat. Pembina upacara menyampaikan rasa prihatinnya atas bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala, Sulawasi Tengah, serta kerusakan yang terjadi pada UPBJJ-Palu (28/09/18). Rasa empati juga diwujudkan UT dengan menggalang dana pada acara Penutupan Disporseni Nasional untuk membantu meringankan beban staf UPBJJ-Palu, serta keluarga Kontingen Palu yang terdampak musibah.

Pada tahun politik saat ini, Pembina upacara berpesan untuk semua pegawai pemerintah di lingkungan UT agar tetap menjaga netralitas politik. Memilih wakil rakyat dan presiden terbaik adalah hak kita semua. Namun demikian, pilihan-pilihan itu tidak perlu ditampilkan dalam simbol dan perilaku partisan di lingkungan kantor yang dapat mengganggu kenyamanan, kebersamaan dan kenetralan.

Pembina upacara menyampaikan pesan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak., meminta UT untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK), meningkatkan kapasitas dan kualitas UT, serta pendampingan untuk universitas lain dalam pengembangan e-learning. Atas kerja keras seluruh rekan UT baik di UT-Pusat maupun UPBJJ pada semester ini jumlah mahasiswa baru UT mencapai 72 ribu. Ini suatu keberhasilan dan sekaligus tantangan agar UT terus maju dan selalu meningkatkan kinerja agar tetap dipercaya bangsa.