Tindak lanjut kerja sama, PTNU kunjungi UT

Setelah menggelar Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Bersama antara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Universitas Terbuka pada hari Rabu, 17 Oktober 2018 terkait implementasi pembelajaran sistem daring di Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) yang disaksikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. Mohamad Nasir, Ph. D., Ak, rektor-rektor PTNU berkunjung ke UT (Kamis, 18/10/18). Para Rektor mengunjungi Pusat Layanan Bahan Ajar (PUSLABA) dan Pusat Pengembangan Multi Media (P2M2) untuk mengetahui pengembangan bahan ajar UT. Acara dilanjut dengan ramah tamah bersama Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M. Bus, Ph.D di Gedung Serba Guna – UT Pusat. Dalam sambutannya, Rektor UT menyampaikan bahwa UT menyambut positif kunjungan dari PTNU untuk melihat UT dari dekat guna menjalin hubungan yang sinergis dan harmonis.

Prof. Mohamad Nasir, Ph. D., Ak menyampaikan bahwa UT harus bekerja sama dengan Perguruan Tinggi dalam menyebarluaskan Pendidikan Jarak Jauh untuk mencapai 40% Angka Partisipasi Kasar (APK) di tahun 2022. Pembelajaran daring menjadi pilihan strategis untuk menerima mahasiswa dalam jumlah banyak tanpa mengorbankan kualitas pembelajaran.

Wakil Ketua Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) M Afifi, MH. menyampaikan bahwa PTNU mendukung pembelajaran daring dan pilihan terbaiknya yaitu bekerja sama dengan UT. Sebanyak 257 PTNU diharapkan dapat bekerja sama dengan UT. Pada pertemuan ini, dihadiri 31 PTNU sebagai awalan untuk zonasi implementasi pembelajaran online di 2019. Kegiatan ini dilanjut dengan pelatihan dalam mengimplementasi pembelajaran dalam jaringan.