UNDIP Benchmark Sistem Kuliah Online UT

Pimpinan dan staf Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (UNDIP) berkunjung ke Universitas Terbuka (UT) Pusat di Pondok Cabe, Tangerang Selatan dalam rangka “Benchmarking Sistem Kuliah Online (Sikulon)”, Kamis (27/09/2018). Rombongan disambut hangat oleh Wakil Rekor IV Drs. Moh. Muzammil, MM, Dr. Sri Sediyaningsih, M. Si Kepala Pusat Hubungan Masyarakat dan Urusan Internasional, M.M, Dr. Ir. Nurmala Pangaribuan, M.S. Staf Ahli Pembantu Rektor IV Bidang Kemitraan UT, Ace Sriati, M. Si Staf Ahli Bidang Pengembangan Institusi dan Kehumasan, di Ruang Sidang IV UT-Pusat.

Ir. Tengku Eduard Azwar Sinar, M.A Kepala Badan Pengelola dan Pengembangan Usaha (BPPU) memimpin jalannya diskusi mengenai Sistem Kuliah Online UT. Beliau menyatakan bahwa sistem kuliah online bersifat fleksibel bagi dosen maupun mahasiswa, sehingga dapat melakukan aktivitas belajar mengajar dimanapun dan kapanpun. Tentunya aktivitasnya pun dapat dikontrol melalui sistem online. Diskusi ini berlangsung dengan penuh antusias dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Selaku Wakil Dekan Bidang Riset dan Inovasi UNDIP, Jati Utomo, D.H, MM, M.Sc, Ph.D menyampaikan harapannya untuk belajar dan bekerja sama dengan UT dalam menghadapi era disrupsi melalui sistem digital. Hal ini bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa di masa yang akan datang. Dengan sistem online, diharapkan mengurangi beban dosen dalam menyelenggarakan perkuliahan tatap muka, sehingga dosen dapat lebih fokus dalam melakukan penelitian. Pada akhir kunjungan, rombongan UNDIP berkesempatan untuk mengunjungi Pusat Pengujian (Pusjian), Pusat Layanan Bahan Ajar (Puslaba) dan Pusat Pengembangan Multi Media (P2M2).