Disporseni Nasional UT 2018 Resmi Dibuka

Di awali Kuliah Umum, Menteri Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. Mohamad Nasir, Ph.D melalui video conference dari Kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Pekan Disporseni tahun 2018 Universitas Terbuka (UT) resmi dibuka. Ajang perhelatan kejuaraan olahraga dan seni ini menjadi event Disporseni pertama kali yang di adakan pada tingkat Nasional di UT Pusat, bertempat di Pondok Cabe Pamulang yang berlangsung dari 25 September hingga 28 September 2018.

Pembukaan Disporseni kali ini dibuka secara resmi oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, Ph.D, Bersama para jajaran serta para tamu undangan, diantaranya Walikota Tangerang Selatan yang diwakili Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM serta para mitra kerja UT yakni Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank BTN yang hadir pada Senin, 26 September 2018 di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC).

Kemeriahan ajang pembukaan kali ini juga terasa berkenan dengan hadirnya sekitar 500-an peserta dari 39 UPBJJ-UT yang tersebar dari Aceh hingga Jayapura yang telah bersemangat mengikuti pembukaan kejuaraan tersebut dari pagi hari. Hal ini menandakan bahwa tidak hanya kejuaraan resmi yang mempertemukan mereka namun menjadi ajang silaturahmi dan perkenalan para mahasiswa dari setiap penjuru daerah.

Menristekdikti, Prof. Mohamad Nasir dalam kuliah umum menyapa para mahasiswa serta para peserta yang hadir, Ia menyampaikan beberapa poin dalam kuliah umum. Menristekdikti menyebut bahwa saat ini perlu mengenalkan literasi baru dalam akademik untuk masa yang akan datang diantaranya Data literation yakni membaca dan menganalisis sebuah big data yang ada dunia, kemudian Technology literation yaitu mengedepankan memahami cara kerja serta Human literation yang dimana UT telah mengembangkan literasi kepada mahasiswanya melalui pendidikan jarak jauh di 3T (terdepan, tertinggal, terluar).

Rektor UT pada sambutan, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan Menristekdikti kepada UT demi menyukseskan Angka Partisipasi Kasar (APK) di Negeri ini. Rektor dalam kesempatan ini juga memohon kepada menteri agar terus memberikan arahan kepada UT agar kedepan semakin diperhitungkan dihati masyarakat Indonesia. Pada ajang Disporseni, Rektor berharap dengan rutinnya pelaksanaan pekan Disporseni ini akan lahir bibit-bibit atlet nasional yang lahir dari mahasiswa UT yang mengikuti Disporseni kali ini.

Disporseni tahun 2018 kali ini mempertandingkan 7 cabang olahraga dan seni, diantaranya, tenis meja, bulu tangkis, catur, debat, Inovasi Teknologi Informasi, Nyanyi, Tari. Mahasiswa yang tidak bertanding pada Disporseni kali ini juga turut memeriahkan dan mendukung rekan mahasiswa yang bertanding dari 4 UPBJJ-UT, diantaranya dari, UPBJJ-UT Serang, Jakarta, Bandung dan Bogor.