UT Hadir di Ritech Expo Hakteknas ke-23 Pekanbaru

Pekanbaru – “Lautan luas menampung rindu, rindu meranjak menembus batas tetap semangat tetap bersatu di hari puncak peringatan Hakteknas”. Sebuah penggalan pantun penutup sambutan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan RI sebelum membuka secara resmi acara Perayaan puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23 di Pekanbaru pada Jum’at 10 Agustus 2018.

Acara tersebut dihadiri para pejabat tinggi diantaranya tamu kehormatan Presiden RI ke-3 Prof. H. B.J Habibie, Gubernur Riau sebagai tuan rumah, Gubernur DI Yogyakarta, Gubernur Jambi, Pimpinan Daerah, serta Para Rektor Perguruan Tinggi se-Indonesia. Termasuk Rektor Universitas Terbuka (UT), Prof. Ojat Darojat, Ph.D yang juga hadir event akbar Hari jadi Kebangkitan Teknologi se-Nasional tersebut.

Tema yang dipiih dalam peringatan puncak Hakteknas kali ini yakni Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi. Prof, Nasir dalam sambutannya berharap agar pada hari kebangkitan nasional bisa memberikan dampak positif pada kebangkitan ekonomi masa depan, bukan hanya tumbuhnya ekonomi berbasis sumber daya alam tapi kedepan akan tumbuh knowledge base economy yang menurutnya menjadi hal penting untuk era Industri 4.0 saat ini.

 

Pameran Ritech Expo 2018 hadir melengkapi kegiatan Hakteknas, pameran produk Inovasi Teknologi anak bangsa diperlihatkan beberapa Instansi, Industri, Badan penelitian dan Pengembangan Daerah serta Pergururuan tinggi Negeri maupun Swasta yang ikut meramaikan pameran yang dilaksanakan di kawasan Rumah Dinas Gubernur Riau ini.

UT sudah 3 tahun berturut-turut berpartisipasi pada event tahunan ini, UT mengedepankan produksi inovasi seperti sistem pembelajaran online, Tutorial Webinar, Online Proctoring yang dimiliki UT, selain memamerkan produk dari UT, UT juga menghadirkan beberapa games yang akan memanjakan para pengunjung dengan berbagai souvenir.

Dipilihnya Bumi Lancang Kuning julukan kota pekanbaru sebagai tuan rumah perayaan puncak Hari kebangkitan Nasional menjadikannya kota kedua di luar pulau jawa setelah Kota Makassar yang juga jadi menjadi tuan rumah Hakteknas pada tahun lalu. Pameran yang berlangsung 9-12 Agustus 2018 ini juga menyedot antusias warga yang ingin melihat secara langsung berbagai jenis produk inovasi anak bangsa.