UT hadir di Brunei Darussalam

Sekitar delapan puluh ribu Warga Negara Indonesia (WNI) bermukim di Brunei Darussalam. Dari berbagai bidang pekerjaan mencari pengalaman di negeri orang. Ini merupakan tantangan bagi Universitas Terbuka (UT) untuk melayani WNI meraih pendidikan tinggi walau berada di negeri seberang.

Semangat Kemerdekaan Indonesia dirasakan dan dirayakan oleh WNI di luar negeri. Dalam rangka HUT RI ke-73, Kedutaan Besar RI (KBRI) untuk Brunei Darussalam menyelenggarakan perhelatan bertajuk "Pesta Rakyat". Di mana para WNI yang berada di sana berkumpul merayakan HUT RI di Kantor KBRI Brunei Darussalam. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 2018. UT diundang KBRI untuk ikut meramaikan kegiatan ini dan memperkenalkan UT kepada WNI di Brunei Darusalam.

20180819 Pameran Brunei Darussalam

Menyadari akan pentingnya pendidikan serta ketertarikan WNI yang berada di Brunei Darussalam menggugah KBRI untuk mengajak UT berkontribusi mensosialisasikan programnya kepada WNI di sini.

Acara yang di buka dengan resmi oleh Duta Besar RI Brunei Darussalam Bapak Sudjatmiko, MA., ini ramai dikunjungi WNI di Brunei. Selain stan UT lainnya diisi dengan stan makanan dan barang-barang Indonesia. Tidak lain tujuan dari "Pesta Rakyat" ini adalah untuk tetap menumbuhkan rasa cinta dan mengobati rasa rindu dengan tanah air. Juga mempererat silaturahmi perantau Indonesia di Brunei.

Pada saat berkeliling mengunjungi booth stan. Pak Dubes beserta istri menyempatkan untuk mampir ke stan UT. Di sambut dengan hangat oleh tim dari UT yang hadir di sana yaitu Direktur UT Tarakan, PJ Bidang BBLBA pada Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri, PJ Bidang Pemasaran, Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan, serta mahasiswa UT di Brunei. Di Brunei Darussalam, mahasiswa UT berjumlah sekitar 15 orang, Insya Allah di 2019.1 ada sekitar 25 calon mahasiswa baru bergabung ke UT, Pak Dubes akan berpesan kepada warga Indonesia untuk memanfaatkan UT sebagai tempat belajar dan Insya Allah akan mensosialisasikan UT dan berbagai kesempatan kepada WNI. Selama ini pengelolaan ditangani oleh UPBJJ-UT Tarakan. Jumlah ini diharapkan terus bertambah melihat dari pameran tadi, banyak yang bertanya dan ingin meneruskan jenjang pendidikan tinggi di UT.