Studi Banding PJJ UNHAS ke UT

Pondok Cabe, 27 Juli 2018, Universitas Terbuka (UT) menerima kunjungan dari Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar. Pada 4 September nanti, UT akan berusia 34 tahun. Artinya proses belajar mengajar yang terpisah antara dosen dan mahasiswa telah dilakukan lebih dari tiga dekade. Kunjungan dari UNHAS tersebut, hadir di antaranya: Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas, Wakil Dekan Bidang Akademik FKM Unhas, Wakil Dekan Keuangan Unhas, Ketua Prodi S2 Unhas, Ketua Prodi S3 FKM Unhas, Guru Besar FKM Unhas, Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Sub Bagian Akademik, Staf Program S2, Staf Program S3, Staf Akademik, Staf Program PJJ, dan Sekertaris Dekan. Sedangkan dari pihak UT, hadir Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik Prof, Daryono, S.H, M.A., Ph.D., Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyelenggaraan Program Pascasarjana Dr. Liestyodono Bawono Irianto, M.Si, Staf Ahli Bidang Kerjasama dan Pembinaan Alumni pada Kantor Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama, Dr. Ir. Nurmala Pangaribuan, M.S., Kepala Badan Pengelola dan Pengembangan Usaha, Ir. Tengku Eduard Azwar Sinar, M.A., dan Penanggung Jawab Bidang Sistem dan Data Layanan Bantuan Belajar pada Pusat Bantuan Belajar LPPMP Nang Budiyanto, S.T.

Kunjungan diterima oleh Staf Ahli Bidang Kerjasama dan Pembinaan Alumni pada Kantor Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama Dr. Ir. Nurmala Pangaribuan, M.S. di R. Sidang Warek IV, Rektorat Lt. 3 Gedung Rektorat UT Pusat. Tujuan dan maksud kunjungan studi banding kali ini adalah diskusi dan sharing tentang pengelolaan Pendidikan Jarak Jauh. Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Drg. Andi Zulkifli, M.Kes. Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas.

UT berharap, diusia yang tidak lagi muda, kini menjadi universitas terdepan dalam menjalankan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dan menjadi tolok ukur perguruan tinggi penyelenggaraPJJ. Kunjungan dari Unhas ini, diharapkan dapat menjadi langkah dalam pemerataan Pendidikan tinggi di Indonesia.

Acara diskusi ini ditutup dengan saling memberikan cindera mata di antara kedua belah pihak dan foto bersama serta dilanjutkan dengan kunjungan ke unit terkait dengan yang ada di UT.