Sinergi Universitas Terbuka dengan Universitas Riau

Untuk melanjutkan pengembangan kerjasama untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, Universitas Terbuka (UT) melakukan sinergi dengan Universitas Riau (UR). Sinergi ini ditandai dengan dilaksanakannya penandatanganan Nota Kesepahaman anatara UT dengan UR dan Perjanjian Kerjasam (PKS) antara LPPM-UT dengan LPPM-UR, pada Selasa, 24 Juli 2018 bertempat di ruang sidang Wisma 3 UT. Penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., dengan Rektor UR, Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi, DEA., juga disaksikan oleh Wakil Rektor IV-UT Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama, Drs.Moh. Muzammil, M.M., dan Wakil Rektor IV-UR, Prof. Dr. Mashadi, M.Si. Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara LPPM-UT dengan LPPM-UR yang dilakukan oleh Prof. Dr. Karnedi, M.A. selaku Ketua LPPM-UT dan Prof. Dr. Almasdi Syahza, SE, MP selaku Ketua LPPM-UR yang juga disaksikan oleh Rektor UT dan Rektor UR.

Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., dalam sambutannya mengatakan, saat ini Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti menugaskan Universitas Terbuka (UT) untuk membantu instansi dan institusi (perguruan tinggi, kementerian, perguruan tinggi kedinasan) dalam menyelenggarakan program berbasis teknologi informasi. Selain itu, kerja sama itu dimaksudkan sebagai upaya akselerasi peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi melalui, salah satunya pendidikan tinggi jarak jauh di mana UT telah berpengalaman selama 34 tahun, sebagai satu-satunya institusi di bawah Kemenristek Dikti yang menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh.

Dalam kesempatan lainnya Rektor UR, Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi, DEA dalam sambutannya menyebutkan dengan diadakannya penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama ini diharapkan kedepannya Universitas Riau dan Universitas Terbuka dapat saling bersinergi dalam pengembangan pendidikan, sistem pendidikan serta pengembangan sumber daya manusia yang lebih luas di Propinsi Riau khususnya.