Kerja Sama dengan UT, UMUC Kirimkan Profesor

Dalam membangun jaringan kerja samanya, Universitas Terbuka (UT) memang tidak hanya berorientasi di dalam negeri. Pada tingkat global, pelopor pendidikan jarak jauh ini juga aktif bekerja sama dengan berbagai institusi/organisasi. Salah satunya yang hingga kini masih terjalin yakni dengan University of Maryland University College (UMUC), Amerika Serikat. Kerja sama kedua institusi ini telah terjalin selama bertahun-tahun.

Salah satu agenda kerja sama keduanya adalah dengan mengadakan kunjungan profesor ke masing-masing institusi, seperti yang diadakan di Gedung Serba Guna UT pada 16 Juli 2018. Dalam kunjungan ini, UMUC mengirimkan Prof. Sandeep Patnaik, Ph.D untuk memberikan pemaparan mengenai manajemen bisnis dan publik dalam era digital.

Ia mengatakan, pergerakan teknologi kini semakin cepat. Banyak teknologi yang dulu dianggap maju dan canggih kini menjadi teknologi usang yang telah digantikan, bahkan dengan kegunaan yang sama namun lebih canggih. Oleh karena itu, penting bagi sebuah institusi untuk dapat beradaptasi terhadap perubahan teknologi. Untuk mengembangkan suatu institusi khususnya yang berhubungan dengan manusia, maka kemampuan untuk analisa big data menjadi sangat penting.

Di acara yang sama, sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Mohamad Yunus, M.A., yang mewakili Rektor UT, menyambut senang kehadiran Prof. Sandeep Patnaik. Ia menyampaikan bahwa para dosen yang hadir berharap dapat belajar banyak dari profesor di bidang periklanan dan strategi pemasaran ini. Ia berharap ada tindak lanjut dari program ini, seperti kolaborasi dalam penelitian atau publikasi jurnal. Ia yakin, program ini akan memotivasi serta menambah pengetahuan para dosen UT.