UT Kunjungi BRIsat dan Penandatangan Kerja Sama dengan BRI

Keterikatan lembaga jasa keuangan dengan institusi pendidikan tidak dapat dipisahkan, keduanya saling mendukung, berkomitmen menguatkan serta membangun bangsa melalui bidang masing-masing. Didukung dengan kemajuan teknologi, inovasi, dan kerjasama, maka layanan bagi masyarakat dapat terwujud bengan baik.

Universitas Terbuka (UT) yang di pimpin oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, Ph,D Bersama Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Moh. Yunus, Wakil Rektor Bidang Institusi dan Kerja sama, Drs. Moh. Muzammil, MM, serta para pimpinan UT lainnya mengunjungi Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam rangka penandatangan kerja sama serta melihat secara langsung sistem Information Technololgy (IT) perbankan milik BRI pada Selasa, 15 Mei 2018 di Gedung BRI Corporate University.

Kegiatan diawali dengan mengunjungi unit bidang IT, yakni Integrated Operation Centre (IOC), Brinets Enterprise Monitoring System, serta ruang kendali BRIsat yang diterima secara langsung oleh Director of Information Technology and Operations BRI, Indra Utoyo serta para Divisi dibawah naungan Information Technology BRI. Merupakan kesempatan baik bagi UT untuk benchmark melalui Data Center milik BRI yang sudah di dukung oleh BRI satelit (BRIsat), dan ini menjadi poin UT kedepan untuk membangun sistem IT agar dapat memberikan layanan lebih baik kepada mahasiswanya.

Dilanjutkan penandatangan kerja sama antara UT dengan BRI yang dilakukan oleh Pimpinan Kanwil Jakarta 3 BRI, Andik Eko Putro dan Wakil Rektor Bidang Institusi dan Kerja Sama Drs. Moh. Muzammil, MM yang disaksikan Rektor UT serta direktur IT BRI. Rektor melalui sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan penandatangan kerja sama serta kunjungan ke beberapa unit bidang IT milik BRI merupakan kesempatan yang istimewa melihat bagaimana BRI telah menintegrasikan pencapaian bidang teknologi informasi di dalam penyelenggaraan perbankan. Rektor pun bersyukur beberapa kegiatan UT dapat dibantu oleh BRI dalam bentuk layanan kepada mahasiswa, termasuk layanan BRIGuna pendidikan.

Sementara Indra Utoyo, Director of Information Technology and Operations BRI menjelaskan bahwa dengan kerja sama melalui BRIguna pendidikan ini dapat memberikan kemudahan kepada mahasiswa UT melalui pembiayaan dimana skema pembiayaan tersebut dapat dipakai oleh mahasiswa hingga masa studi selesai. Ia juga mengungkapkan bahwa kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Dalam sela-sela penandatanganan kerjasama ini, BRI juga memberikan Corporate Card sebagai bagian dari kerja sama yang diharapkan dapat menunjang aktifitas civitas akademika UT. Sebagai Informasi, BRIguna Pendidikan merupakan program produk pinjaman dalam bentuk kredit yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan produktif dan non-produktif termasuk keperluan biaya Pendidikan kepada para mahasiswa di pendidikan tinggi.