Sinergi dan Harmonisasi UT dengan SEAMEO Centre

Bersamaan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2018 serta Pembukaan Rangkaian Dies Natalis Universitas Terbuka (UT) ke-34, UT bersama The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Secretary Bangkok dan SEAMEO Centre melakukan sinergi dan harmonisasi dalam bentuk tindak lanjut kerjasama mengenai pengembangan pendidikan jarak jauh di Gedung Wisma 2 Universitas Terbuka.

Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, Ph.D bersama Wakil Rektor dan para pimpinan lainnya hadir pada kegiatan tersebut. Sementara dari pihak SEAMEO, di pimpin oleh Director of SEAMEO Secretary, Dr. Gatot Hari Priowirjanto, beserta para peserta yang tergabung dalam Focus Group Discussion (FGD) sinergi dan harmonisasi tersebut. Dalam kegiatan ini juga hadir beberapa perwakilan SEAMEO centre yakni, SEAMEO CECCEP, SEAMEO BIOTROP, SEAMEO SEAMOLEC, SEAMEO QITTEP in SCIENCE, SEAMEO QITEP in MATHEMATICS, SEAMEO QITEP in LANGUAGE serta SEAMEO RECFON.

Prof. Ojat dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam rangka membangun networking di daerah, serta hub-hub yang dibutuhkan untuk distance learning, maka investasi yang dilakukan SEAMEO terutama yang ada di Indonesia, merupakan supporting unit yang baik demi sinergitas untuk mengajak masyarakat menikmati pendidikan tinggi secara jarak jauh. “Kalau UT selama ini memiliki motto menjangkau yang tidak terjangkau oleh pendidikan tatap muka, maka saya punya keyakinan dengan dibantu dengan research center yang ada di SEAMEO, maka hal tersebut akan menjadi mudah untuk dilaksanakan”. Ujar Rektor.

Director of SEAMEO Secretary, Dr. Gatot juga memberikan poin-poin penting dalam sambutannya pada kegiatan tindak lanjut keselarasan dua elemen ini. Beliau mengutarakan hal utama bahwa ia yakin UT Bersama SEAMEO Centre dapat membangun networking dalam jangka waktu 1 sampai 2 tahun melalui 7 centre SEAMEO yang dimiliki dengan 39 UPBJJ-UT yang ada di seluruh daerah, dapat membuka peluang mendirikan cabang pelayanan bagi sekolah di 540 kabupaten/kota.

Tindak lanjut kerjasama ini semakin menegaskan kembali bahwa sinergi antara UT dan SEAMEO memiliki peranan penting demi kemajuan pendidikan baik di Indonesia maupun di Regional Asia Tenggara.