Indonesia Bisa Menjadi Pemimpin Dunia

Besarnya peran guru bagi kemajuan bangsa sehingga guru dituntut harus terus meningkatkan pengetahuan dan memiliki kemampuan beradaptasi dengan perkembangan jaman. Kemajuan teknologi dan peningkatan jumlah penduduk merupakan tantangan bagi guru dalam perannya mendidik calon penerus bangsa. Sebagai salah satu perguruan tinggi yang memberikan Pendidikan bagi guru, Universitas Terbuka menyelenggarakan seminar yang akan memberikan wawasan bagi guru dalam menjawab tantangan dunia Pendidikan saat ini. Seminar dengan tema “Pembinaan Keprofesionalan Guru dan Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik” tersebut, menghadirkan Dr. Didin Wahidin, M.Pd (Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti) sebagai pembicara dan Prof. Dr. Suciati, M.Sc. (Guru Besar UT) sebagai moderator.

Siap untuk menciptakan anak-anak yang akan menjadi pemimpin dunia? pertanyaan tersebut disampaikan Dr. Didin Wahidin pada bagian awal seminar. Bonus demografi yang dimiliki Indonesia jika ditunjang dengan Pendidikan yang bagus, maka Indonesia bisa menjadi pemimpin dunia. Hal tersebut disampaikan Dr. Didin Wahidin di hadapan lebih dari 1200 calon wisudawan UT. Seminar yang berlangsung di gedung UTCC Pondok Cabe tersebut memberikan wawasan dan motivasi khususnya bagi para guru tentang pentingnya guru yang profesional dan berkualitas yang mampu beradaptasi pada era revolusi industri tahap 4 saat ini.

Sebelumnya di tempat yang sama, calon wisudawan berkesempatan untuk menyampaikan pesan dan pengalaman selama kuliah kepada pimpinan UT dalam sesi temu wicara. Hadir dalam temu wicara tersebut, Wakil Rektor I dan III UT serta Dekan FKIP, FMIPA, FE, FHISIP, dan Direktur PPs.

Di tempat berbeda, Universitas Terbuka melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Universitas Negeri Manado dan Universitas Tadulako. Penandatanganan tersebut dilaksanakan di Gedung Kemenristekdikti, Senayan - Jakarta, oleh Rektor masing-masing universitas.

Tags: