Forum Wakil Rektor Bidang Akademik BKS-PTN Barat Digelar di UT

Setelah menjadi tuan rumah Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), 16 April lalu, kali ini Universitas Terbuka (UT) dipercaya kembali menjadi tuan rumah acara Pertemuan Forum Wakil Rektor Bidang Akademik BKS-PTN Barat. Pertemuan tersebut diselenggarakan di Gedung Serba Guna kantor pusat UT, Tangerang Selatan, 4 Mei 2018. Forum ini dihadiri oleh para Wakil Rektor (WR) Bidang Akademik dari 24 PTN.

Pertemuan Forum WR Bidang Akademik BKS-PTN Barat merupakan kegiatan forum rutin WR Bidang Akademik 28 perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) wilayah Barat. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para stakeholder untuk dapat berbagai dan berdiskusi tentang tantangan, peluang, dan perkembangan isu-isu terkini perguruan tinggi.

20180504 Forum WR 1 BKS PTN

WR Bidang Akademik UT Mohamad Yunus bersyukur acara yang mempunyai banyak manfaat ini dapat terlaksana walau dengan persiapan dan waktu yang sangat singkat. Secara sekilas, ia menyampaikan beberapa agenda acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut.

Ketua Forum Wakil Rektor Bidang Akademik BKS-PTN Barat yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Fatah Sulaiman menuturkan, mandat tahun 2018 yang berupa kesepakatan rapat di Bukittinggi adalah fokus di penyiapan sistem pembelajaran daring, sesuai amanat Menristekdikti sewaktu di Medan. Oleh karena itu, UT dirasa menjadi tempat yang tepat untuk mengadakan forum ini. Ia ingin rencana kerja sama, penguatan, sekaligus amanah Menteri untuk memberikan perluasan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Indonesia yang dimandatkan kepada UT dengan target 1 juta mahasiswa dapat dibicarakan pada kesempatan ini.

Rektor Untirta Sholeh Hidayat juga menganggap pertemuan ini adalah hal yang sangat positif karena baru beberapa perguruan tinggi di luar UT yang telah menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh. “Kita ingin mengambil pengalaman UT yang memang dari awal sudah menyelenggarakan sistem pembelajaran jarak jauh, dengan jumlah mahasiswa yang paling besar. Saya kira, kita harus banyak belajar dari yang sudah dilakukan oleh saudara kita.” kata Sholeh.

Sebelum membuka acara ini secara resmi, Rektor UT Ojat Darojat menuturkan arahan Menristekdikti pada saat Rakernas di Sumatera Utara yang menyampaikan bahwa distance education, termasuk di dalamnya online learning, merupakan program strategis yang akan digarap secara lebih serius. UT harus bersedia memfasilitasi dan bersama-sama membangun kerja sama dengan seluruh PT tatap muka agar memiliki kapasitas untuk merealisasikan amanah tersebut. Oleh karena itu, Ojat menyambut baik forum tersebut dan membuka pintu lebar akan kemungkinan kerja sama penyelenggaraan PJJ ke depan.

MoU UT dan IPB 2018

Pertemuan kali ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan sekaligus pengenalan e-learning yang saat ini tengah gencar dicanangkan oleh Menristekdikti. Di forum ini, UT dan Institut Pertanian Bogor juga memulai langkah jalinan kerja sama dengan melakukan penandatanganan MoU. Dalam kesempatan tersebut, Rektor IPB diwakilkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik IPB Drajat Martianto.