Wisuda Awal 2018; Membangun Sinergi Bersama Mitra

“Proses transformasi Universitas Terbuka (UT) sebagai Cyber-University adalah salah satu upaya yang serius untuk mempercepat kemandirian ekonomi bangsa. Dengan kapabilitas, kapasitas, dan daya tampung UT yang sangat besar, membuka akses pendidikan tinggi bagi semua melalui PTJJ”. Sepenggal sambutan Rektor UT, Prof. Drs. Ojat Darojat M.Bus, Ph.D pada Upacara Wisuda Periode III 2017/2018 pada Selasa, 3 April 2018 di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC).

Dengan mengambil tema yang sama dengan seminar wisuda di hari sebelumnya, upacara wisuda kali ini diikuti oleh kurang lebih 1.300 wisudawan yang hadir dari seluruh penjuru negeri. Selain para wisudawan dan para pimpinan, para tamu undangan lainnya antara lain Dewan Pengawas UT serta mitra kerja UT juga turut hadir pada momen upacara wisuda UT pertama di tahun 2018.

Penandatangan MoU dan Nota kesepahaman antara Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dan UT turut mewarnai wisuda kali ini yang dihadiri Gubernur Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E, MM. Pada momentum tersebut Gubernur Bangka Belitung ikut memberikan sambutan sebelum penandatangan Mou. Dalam paparannya, Ia menjelaskan kerja sama antara UT dengan Provinsi Bangka Belitung merupakan langkah awal dalam rangka merealisasikan program peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi sesuai program pemerintah pusat. “Kami sangat percaya dengan kemampuan UT saat ini dengan SDM yang dimiliki serta teknologi yang dimiliki untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswa, masyarakat dan ASN, sangatlah diperlukan,” tuturnya.

UT juga menerima bantuan beasiswa disela-sela kegiatan upacara wisuda yang diberikan oleh mitra kerja UT yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang diserahkan langsung oleh Direktur Corporate Banking BRI, Kuswiyoto, kepada Rektor UT dengan nilai beasiswa mencapai 3,6 Miliar Rupiah.

Di tengah acara upacara wisuda, Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Ali Muktiyanto, S.E, M.Si menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Membangun Kemandirian Ekonomi Bangsa melalui Good University Governance dan Strategi Bersaing. Dalam orasi ilmiahnya, Ia menjelaskan bahwa setiap komponen bangsa dapat berperan aktif dalam membangun kemandirian ekonomi bangsa, termasuk perguruan tinggi. Menurutnya, pendidikan tinggi mengalami peningkatan peran dan posisi sosialnya di tengah masyarakat. Pendidikan tinggi dituntut untuk lebih menyeimbangkan perannya sebagai pusat intelektual sekaligus menjaga peran agar tetap relevan dengan kondisi sosial di sekitarnya.

Setiap periode acara wisuda, UT rutin memberikan penghargaan kepada wisudawan serta tutor terbaik, kali ini wisudawan terbaik diberikan kepada Nina Karunia dari UPBJJ-UT Tarakan, dan Ria Aprilina dari UPBJJ-UT Surabaya, sedangkan untuk tutor terbaik diberikan kepada Dr. Agus Rosita S.H, M.H, dari UPBJJ-UT Batam, dan Dr. Kadir S.Pd, M.Si dari UPBJJ-UT Kendari.