UT Wujudkan Sinergi Perguruan Tinggi Negeri Indonesia

Akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Indonesia belum mencapai target yang diidamkan. Sinergi perguruan tinggi negeri untuk mencapai pendidikan tinggi dalam rangka perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan tinggi pun diwujudkan dalam penjalinan kerja sama antar perguruan tinggi. Kebijakan baru pemerintah yakni agar perguruan tinggi negeri lainnya dapat juga melaksanakan perkuliahan seperti yang telah Universitas Terbuka (UT) lakukan. UT sebagai nahkoda untuk perguruan tinggi lain menyelenggarakan perkuliahan jarak jauh secara online/daring. Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dalam rangka mewujudkan nawacita pemerintah sesuai rencana kebijakan baru Pendidikan Tinggi memfasilitasi pembukaan dan pengembangan pendidikan jarak jauh/daring, maka UT dalam hal ini Rektor mendapatkan mandat dari Bapak Menteri untuk mendukung seluruh perguruan tinggi negeri dalam pelaksanaan pembelajaran daring tersebut, sesuai dengan kapasitas dan fasilitas yang UT miliki.

MoU dan PKS antara UT dan Unej, Unila, UNJ, UBB 2018

Pada pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) yang diselenggarakan oleh Kemristekdikti di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) Senin 16 April 2018 dilaksanakan beberapa penandatanganan kerja sama antara UT dengan 3 perguruan tinggi negeri. Antara lain Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Negeri Jember, Universitas Negeri Lampung, Universitas Negeri Jakarta dan pertukaran pks yang telah ditandatangani dengan Universitas Bangka Belitung.

Rektor UT, Prof Drs. Ojat Darojat M.Bus Ph. D,mengatakan sejak kunjungan Menristekdikti Bapak M. Nasir di UT pada November tahun lalu dan memberikan rekomendasi kepada UT, untuk melakukan beberapa hal yaitu membantu peningkatan angka partisipasi kasar (APK) dan program pendidikan jarak jauh dan online learning diperluas. Dengan membangun kerja sama baru dan penguatan kerjasama yang telah ada. Hingga saat ini sudah ada kurang lebih 20 perjanjian kerja sama dengan perguruan tinggi lain dalam rangka mewujudkan rekomendasi dari Bapak Menteri dan demi kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.