Tingkatkan Hubungan, UT Kunjungi Kompas

Tak satu pun organisasi atau institusi di dunia ini, dapat berkembang sendiri tanpa bekerja sama dengan pihak lain. Simbiosis mutualisme akan selalu dibutuhkan dalam meningkatkan kapasitas diri suatu institusi. Terlebih lagi bagi institusi pendidikan yang berkewajiban mencerdaskan masyarakat, kerja sama dalam berbagai bidang wajib dilakukan khususnya dalam menyediakan informasi dan akses pendidikan. Dalam hal ini peran media sebagai penyedia informasi akurat sangatlah vital. Kualitas suatu informasi yang sampai hingga ke mata atau telinga masyarakat sangat bergantung pada media.

Universitas Terbuka (UT) sangat menyadari hal ini sehingga komunikasi yang baik dan kerja sama dengan berbagai media terus dikembangkan UT. Rabu (14/3/2018) kemarin, UT mengunjungi Kompas yang merupakan salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia. Kunjungan ini dilakukan langsung oleh Rektor UT beserta jajarannya ke kantor redaksi Kompas di Palmerah Selatan, Jakarta. Kunjungan ini pun disambut oleh Pemimpin Redaksi dan beberapa jajarannya.

20180314 Media Visit ke Kompas

Dalam kunjungan tersebut, Rektor UT Ojat Darojat mengutarakan maksud dan tujuannya berkunjung ke Kompas. Ia mengenalkan beberapa hal terkait dengan penyelenggaraan pendidikan di UT. Ojat juga menyampaikan bagaimana UT menghadapi era revolusi industri 4.0 yang saat ini tengah dihadapi semua sektor. UT membuka diri ke media yang ingin mengetahui perkuliahan UT secara komprehensif, sehingga informasi tentang manfaat kuliah di UT dapat sampai dengan baik ke masyarakat. Ojat juga menyampaikan adanya kemungkinan kerja sama antara UT dan Kompas ke depan.

Pemimpin Redaksi Kompas Budiman Tanuredjo melihat tren pendidikan saat ini memang mengarah ke distance learning. Menurutnya, UT telah membaca konsep ini lebih dulu. Ia menerangkan Kompas juga telah mengembangkan pemberitaannya menjadi digital. Bahkan , Kompas juga tengah mengembangkan inovasi-inovasi dalam penyediaan informasi dan berita sehingga dapat sejalan dengan perkembangan digital dewasa ini. Budiman mengatakan Kompas selalu terbuka dengan ruang-ruang kerja sama dengan berbagai pihak.

Kunjungan UT siang itu diisi dengan diskusi tentang potensi kerja sama apa yang dapat dilakukan kedua belah pihak mendatang. Langkah aktif ini diambil UT dalam rangka menjalin hubungan baik dan membuka diri kepada mitra-mitra UT agar informasi yang akurat dan bermanfaat dapat tersampaikan ke semua kalangan.