Asia e University Kunjungi UT Pusat

Tangerang Selatan – Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. secara singkat memberikan gambaran bagaimana UT menyelenggarakan sistem pendidikannya saat berdiskusi dengan Presiden Asia e University (AeU) Malaysia. Ia juga menyampaikan tantangan apa yang dihadapi Indonesia saat ini terkait dengan dunia pendidikan tinggi dan teknologi digital. Menyambut pemaparan yang disampaikan Rektor UT, AeU Prof. Dato Dr. Ansary Ahmed juga mengenalkan institusinya dan serta menjelaskan bagaimana universitas ini memberikan akses pendidikannya sejak didirikan.

Pembicaraan tersebut dilakukan saat AeU berkunjung ke Kantor UT pusat pada 23 Maret 2018. Ini adalah kali pertama universitas ini bertandang ke UT. Kunjungan itu pun mendapat sambutan hangat di Operation Room UT pusat. Selain Rektor UT dan Presiden AeU, hadir dalam diskusi tersebut beberapa pejabat dari kedua institusi.

Seperti diketahui, UT merupakan universitas negeri yang didesain pemerintah untuk memberikan pelayanan pendidikan secara jarak jauh, sehingga dapat dikatakan, UT merupakan pelopor kuliah online di Indonesia yang saat ini tengah menjadi perhatian banyak perguruan tinggi di Indonesia. AeU adalah universitas yang mengetengahkan kolaborasi multinasional yang diprakarsai oleh Asia Cooperation Dialogue (ACD), sebuah badan untuk mempromosikan kerja sama Asia di tingkat dunia. Seperti namanya, AeU adalah institusi pendidikan yang menggunakan teknologi digital sebagai media utama proses belajar mengajar, bidang yang juga digeluti UT. Kedua institusi ini memang mempunyai kemiripan dalam memberikan akses pendidikan ke masyarakat.

Oleh karenanya, kunjungan ini dimaksudkan untuk menjajaki potensi kerja sama yang dapat dilakukan kedua belah pihak ke depan. Dimungkinkan, kedua pihak dapat saling bekerja sama dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan dan pengajaran; penelitian dan pengembangan; ataupun pengabdian kepada masyarakat.