Anugerah ASEANnale 2018 Distinguish Award kepada Prof. Atwi Suparman

Ada yang menarik dalam sebuah perayaan pertama bertajuk ASEANnale 2018 yang diselenggarakan oleh beberapa fakultas yang ada di University of the Philippines, di Republik Filipina. Acara pertama yang akan diagendakan setiap dua tahun ini bertema “Capturing the spirit of ASEAN in the Digital Times”. Tujuan acara ini dimaksudkan untuk mendorong semangat untuk saling memberikan inspirasi terhadap sesama anggota negara ASEAN untuk berkomunikasi dan berbagi informasi pada era digital saat ini. Kegiatan ini memiliki aktivitas kompetisi yang mendorong partisipan dari negara-negara ASEAN untuk mengirimkan hasil karya film dan multimedia dan juga paparan ilmiah terbaik.

Salah satu bagian penting kegiatan ini adalah penganugerahan award “ASEANnale 2018 Distinguish Award for Higher Education” terhadap salah seorang akademisi dari Universitas Terbuka, Indonesia yakni Prof DR. Atwi Suparman. Beliau layak mendapatkan penghargaan ini karena dedikasi yang berkelanjutan terhadap pelayanan akademik yang berhubungan dengan kerja produktif pendidikan, riset dan pengembangan pengetahuan yang sangat berkaitan erat dengan ASEAN. Tidak hanya sekedar menerima anugerah, tetapi menjadi salah satu inspirator untuk ASEAN sebagai salah satu tokoh yang mampu memberikan semangat kebersamaan dalam sebuah kawasan.

Penganugerahan diberikan pada tanggal 2 Maret 2018, bertempat di Auditorium Asian Center, University of the Philippines Diliman di Manila dan dihadiri oleh beberapa pembicara dari negara ASEAN, para petinggi Universitas, dan partisipan dari negara ASEAN meliputi pengajar dan mahasiswa. Penghargaan yang diberikan sekaligus sambutan dari Prof Atwi Suparman diwakili dan dibacakan oleh Kepala Pusat Hubungan Masyarakat dan Urusan Internasional UT (Head of Public Relation and International Affairs), Dr. Sri Sediyaningsih. Dalam sambutan singkat yang diberikan, sebagai salah seorang sosok yang bersahaja dan berdedikasi tinggi terhadap institusi, Prof Atwi Suparman menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggara atas terpilihnya beliau sebagai penerima penghargaan. Ini sekaligus menjadi salah satu pengakuan terhadap sosok dan institusi di Indonesia yang mampu menjadi bagian penting dari semangat kebersamaan dalam era digital di kawasan ASEAN.

Selamat untuk Prof Atwi Suparman dan Universitas Terbuka!