TAU dan UT Kerja Sama Kembangkan S1 dan S2 Online Learning

“Tidak ada institusi dalam era globalisasi ini yang bisa berdiri sendiri. Dia harus punya kawan dan punya mitra”, kata Dr. Tanri Abeng, MBA. saat memberikan sambutan pada acara Penandatanganan MoU dan Cooperation Agreement antara Tanri Abeng University (TAU) dan Universitas Terbuka (UT). Acara penandatanganan tersebut dilakukan oleh pemimpin kedua institusi didampingi jajarannya pada 22 Februari 2018, bertempat di TAU, Jakarta.

Tanri Abeng yang merupakan Rektor TAU menambahkan, kedua institusi baik TAU maupun UT sama tahu apa yang dapat dikembangkan dalam kerja sama ke depan. Secara khusus, ia melihat Universitas Terbuka dan TAU bisa bersinergi. “Yang paling penting kita melahirkan anak didik yang berguna bagi bangsa ini.” tutur mantan Menteri Negara Pendayagunaan BUMN RI ini.

Sejalan dengannya, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. mengamini apa yang dikatakan Tanri Abeng. Lembaga atau institusi harus dapat bersosialisasi dan bekerja sama satu sama lain jika ingin berkembang. Ojat Darojat menekankan pentingnya kerja sama antar institusi. Ia mengatakan, sejak 33 tahun yang lalu sampai sekarang, UT juga dibesarkan dengan kerja sama, karena UT harus melayani mahasiswa bukan hanya dari Sabang sampai Merauke, tapi juga di puluhan negara. Menurutnya, mustahil bagi UT untuk dapat meraih capaian saat ini jika tidak dibangun dengan kerja sama dengan lembaga-lembaga lain. “Kami tentu sangat siap. Kita akan share dengan teman-teman yang lain, termasuk dengan PTN dan PTS di Indonesia, karena ini memang arahan dari Menristekdikti supaya UT harus berbagi dengan PT yang lain” ujarnya menutup sambutan siang itu.

Acara Penandatanganan MoU dan Cooperation Agreement ini merupakan awal dari kerja sama dalam penyelenggaraan program online learning untuk program sarjana dan pascasarjana Tanri Abeng University. Ke depan, kedua institusi tersebut akan berkolaborasi dalam memberikan layanan pendidikan tinggi kepada masyarakat melalui online learning.