Kerja Sama BKN dan UT Memasuki Tahun ke-11

Dalam menyediakan akses layanan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang menyasar berbagai kalangan, Universitas Terbuka (UT) terus menjalin kerja sama dengan berbagai institusi baik pemerintahan maupun swasta, seperti kegiatan yang diadakan di Wisma UT, Tangerang Selatan, 9 Februari 2018. UT kembali menjalin kerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam memberikan pelayanan PJJ ke pegawainya. Seperti yang dikatakan Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., acara Serah Terima Nota Kesepahaman pagi itu merupakan langkah penguatan kerja sama antara BKN dan UT yang selama ini telah terjalin sejak 2008.

Pada acara tersebut, Rektor UT didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A., Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Dr. Rustam, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Aminudin Zuhairi, Ph.D., dan Wakil Rektor Bidang Kemitraan dan Pengembangan Institusi Drs. Moh. Muzammil, M.M., dan Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik Prof. Daryono, S.H., M.A., Ph.D, serta beberapa pejabat UT di lingkungan kantor pusat. Sedangkan dari BKN, Kepala BKN yang diwakili oleh Deputi Mutasi Kepegawaian Aris Widianto, S.Si., M.Si. hadir beserta Kepala Pusat Pengembangan ASN Dr. Ahmad Jalis, M.A., dan Kepala Bidang Pengelolaan PIK Richard Hasugian, S.Sos.

Acara Serah Terima MoU UT dan BKN 2018Dalam sambutannya, Rektor UT mengapresiasi kedatangan para pejabat BKN tersebut ke kantor UT pusat. Ia menyampaikan, hingga tahun ini jumlah alumni atas kerja sama ini sudah mencapai 220 orang. Sementara, lebih dari seratus pegawai BKN tengah menempuh pendidikan PJJ di UT. Ia berharap kerja sama ke depan semakin memperluas dan mengakselerasi kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi manajemen kepegawaian sektor publik untuk meningkatkan profesionalisme ASN. Rektor UT menyampaikan terima kasihnya kepada BKN atas kerja sama dan support kepada UT untuk ikut terlibat secar signifikan dalam membantu program-program peningkatan kualifikasi pendidikan dan kompetensi di lingkungan BKN.

Sementara itu, Deputi Mutasi Kepegawaian Aris Windianto, S.Si., M.Si. menyampaikan terima kasih atas kerja sama selama 10 tahun UT membantu BKN dalam menyiapkan para calon pengelola kepegawaian di instansi pemerintahan. BKN merasa senang kerja sama ini dapat berlanjut. Ia mengatakan, pada saat ini, melihat perkembangan TIK, model UT mungkin akan menjadi mainstream model pendidikan tinggi ke depan. Dengan melihat hal tersebut, ia merasa bahwa ke depan, kampus konservatif akan semakin berkurang. “Untuk di Indonesia, UT bisa menjadi leader terkait pembelajaran online, PJJ, dan perguruan tinggi di masa depan” ujarnya.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke kantor unit-unit UT pusat. Dalam kesempatan itu, para pejabat BKN tersebut mengunjungi Pusat Pengembangan Multi Media dan Pusat Pengelolaan Bahan Ajar, Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP).