UT dan UBT Menjalin Kerjasama Untuk Anak Bangsa

Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) yang termuda berada di kota Tarakan Kalimantan Utara (Kaltara). UPBJJ-UT Tarakan menggenapi jumlah UPBJJ-UT UT di angka 40. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak bangsa UT selalu bekerja sama dengan beberapa instansi seperti perguruan tinggi dan juga dengan pemerintah daerah setempat serta pihak-pihak terkait. Jumlah UPBJJ-UT yang semakin banyak tentu semakin dapat memenuhi kebutuhan layanan terhadap mahasiswa yang menjelajah di pelosok negeri ini.

Pada Jumat, 20 Oktober 2017, UT bekerja sama dengan Universitas Borneo Tarakan (UBT). Kerjasama bukan dimulai pada saat ini saja, namun semenjak mahasiswa UT dilayani oleh UPBJJ-UT Samarinda. Jalinan kerja sama semakin di pererat dengan penandatanganan Memorandum Kesepahaman antara UT dan UBT untuk menunjang pengembangan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya melalui sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh dan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penandatanganan dilakukan oleh Rektor UT, Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D dan Rektor UBT, Prof Dr. Drs. Adri Patton M.Si di Aula Gedung Rektorat UBT, Tarakan, Kaltara.

Penandatanganan disaksikan oleh Pembantu Rektor I UT dan Kepala UPBJJ-UT Tarakan. Sebelum penandatanganan dilaksanakan Kuliah Umum oleh Rektor UT dengan judul ICT Pedagogi dan Pemerataan Akses Layanan Pendidikan Tinggi Dalam Rangka Mempersiapkan Generasi Emas. Dalam sambutannya Rektor UBT, Prof Patton menyampaikan bahwa penandatanganan ini bertujuan untuk pembukaan program S2 atau pascasarjana.

Kerjasama ini merupakan rekomendasi dari Dirjen Kelembagaan DIKTI, Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc. bahwa yang resmi membuka pembelajaran jarak jauh adalah UT dan UT telah hadir di Tarakan sehingga dapat membantu menjalankan peningkatan SDM di Kaltara. Rektor UT pun menyambut baik kerjasama ini. Rektor juga menyampaikan bahwa kerjasama yang dilakukan selalu terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Perubahan tren masyarakat Indonesia yang kini lebih memanfaatkan teknologi digital dan online. Sehingga pembelajaran jarak jauh pun bukan hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. UT lah pelopornya dari tahun 1984.