Wisuda dan Pengukuhan Guru Besar di Penghujung Tahun 2016

Di penghujung tahun 2016, Universitas Terbuka kembali menggelar Upacara Wisuda Periode IV Wilayah 2 tahun 2016 pada Selasa, 6 Desember 2016 bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Upacara tersebut dihadiri kurang lebih 900 wisudawan yang sudah memadati gedung UTCC sejak pagi hari. Hadir pula para senat, pimpinan, dosen, para tamu undangan, serta Ketua Umum Ikatan Alumni UT (IKA-UT) Linda Gumelar.

Melanjutkan tema seminar wisuda yang diselenggarakan satu hari sebelum upacara wisuda, Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D menyampaikan sambutan wisuda dengan mengangkat tema yang berjudul “Menanamkan Kesadaran Keberagaman dan Toleransi pada Generasi Emas Indonesia”. Beliau menegaskan kembali pembahasan tema yang telah dilaksanakan pada seminar wisuda yang dihadiri oleh Presiden RI ke-6 Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono, bahwa saat ini Internet telah menjadi driver of change bagi kehidupan, dengan kehadiran internet yang sangat mudah di akses patut juga diwaspadai potensi munculnya berbagai dampak dari internet, seperti kemudahan menyebarkan berbagai kebencian baik melalui media sosial maupun media lainnya. Oleh karena itu, Rektor mengajak pada wisudawan serta undangan yang hadir pada wisuda kali ini untuk melakukan perubahan sikap yakni menggunakan media sosial secara arif dan semata-mata hanya untuk kebaikan demi saling terjaga ikatan kebhinekaan yang kokoh.

wisuda_pengukuhan_guru_besar

Sama seperti kegiatan upacara wisuda sebelumnya yakni pada Periode IV Wilayah 1, pada wisuda kali ini UT juga kembali mengukuhkan salah satu Guru Besar pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yaitu Prof. Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D. Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “ICT Pedagogi dan Pemerataan Akses Layanan Pendidikan Tinggi dalam Rangka Mempersiapkan Generasi Emas” disampaikan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka perluasan akses layanan bantuan belajar merupakan pilihan strategis yang sejalan dengan visi dan misi UT.

Selama tahun 2016, UT sudah mengukuhkan 3 Guru Besar pada bidang Fakultas Ilmu Sosial dan Imu Politik serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Seluruh civitas akademika UT yang diwakili oleh Rektor mengucapkan selamat kepada Prof. Ojat yang telah berhasil meraih puncak prestasi dalam karir sebagai akademisi. Tak hanya itu, diakhir acara ucapan selamat juga datang dari para anggota senat, keluarga dan sahabat Prof. Ojat yang turut hadir dalam upacara wisuda kali ini.

wisuda_pengukuhan_guru_besar

UT juga memberikan penghargaan kepada 5 wisudawan terbaik berdasarkan IPK tertinggi pada jenjang diploma, sarjana dan pascasarjana serta penghargaan terhadap tutor terbaik yang berasal dari UPBJJ-UT Malang yakni Dr. Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd. Upacara wisuda merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan akademik di UT dan momentum UT untuk mempersembahkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pengalaman yang didapatkan selama menempuh studi di UT akan menjadi bekal para lulusan dalam berkiprah di masyarakat luas.