SFU Kembali Menjalin Kerja Sama dengan UT

Sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan terbuka dan jarak jauh di Universitas Terbuka (UT), kerja sama dengan berbagai pihak terus ditingkatkan. Salah satunya dengan Simon Fraser University (SFU) yang merupakan salah satu universitas ternama di Kanada. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara SFU dan UT pada Kamis, 10 November 2016 bertempat di Gedung Wisma II Lantai Dasar, Universitas Terbuka.

Tanda tangan MoU SFU & UT disaksikan Rektor UT

Penandatanganan nota kesepahaman ini menjadi awal dari sebuah hubungan kerja sama yang saling menguntungkan baik bagi SFU maupun UT. Ke depan, kedua belah pihak akan melakukan kolaborasi di berbagai cakupan, seperti pertukaran publikasi ilmiah dan informasi; pertukaran dosen, staf, dan mahasiswa (termasuk peluang pengembangan studi di luar negeri); kolaborasi dalam mengembangkan penelitian atau proyek untuk kepentingan bersama; pengembangan akademik dan administrasi, termasuk simposium, seminar, dan konferensi; kerja sama dalam pengembangan pendidikan, termasuk peluang untuk membuka program bersama; dan kolaborasi dalam bidang lain dalam mengembangkan kualitas layanan pendidikan kedua belah pihak.

Dalam acara penandatanganan nota kesepahaman tersebut, hadir Rektor UT, Dekan Fakultas Pendidikan SFU, Direktur Program Internasional Fakultas Pendidikan SFU, para Pembantu Rektor, para Dekan, para kepala Unit di lingkungan UT kantor pusat, serta para dosen dan pegawai UT yang merupakan alumni dari SFU. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan oleh Pembantu Rektor IV Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. sebagai perwakilan dari UT dan Dekan Fakultas Pendidikan SFU Dr. Kris Magnusson yang disaksikan oleh Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D.

Dalam sambutannya, Rektor UT menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada SFU atas kerja sama yang telah terjalin selama bertahun-tahun dalam berbagai bidang termasuk dalam meningkatkan kompetensi pegawai di UT. Secara singkat, Rektor menjelaskan bagaimana UT telah melayani pendidikan rakyat Indonesia yang tersebar baik di berbagai wilayah Indonesia maupun di lebih dari 27 negara. Rektor berharap, melalui penandatanganan nota kesepahaman ini kedua institusi dapat memperkuat hubungan dan berkontribusi lebih kepada masyarakat.

Sejalan dengan apa yang disampaikan UT, Dekan Fakultas Pendidikan SFU Dr. Kris Magnusson juga berharap bahwa momentum ini dapat menjadi kesempatan untuk meningkatkan kerja sama dalam berbagai aspek untuk mengembangkan kualitas kedua institusi. Menurutnya, satu yang membuat hubungan ini kuat adalah tujuan yang sama. Ia sangat menantikan apa yang dapat dihasilkan dari hubungan baik ini.

Foto bersama SFU dan UT 2016

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut diharapkan menjadi langkah awal dari kolaborasi saling menguntungkan bagi SFU dan UT dalam meningkatkan layanan pendidikan bagi masyarakat.