Menyuarakan Anti Plagiasi, Mahasiswa UT Deklarasi Jujur Ora Ajur

Pada Minggu, 13 November 2016 Universitas Terbuka UPBJJ Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan “Pesta Jujur Terbuka”. Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian Festival Integritas Universitas Terbuka #Jujur Ora Ajur yang diprakarsai oleh komunitas Ikut Yok (Ilmu Komunikasi UT Yogyakarta). Kegiatan yang berlangsung meriah tersebut, dihadiri oleh ratusan orang terdiri dari mahasiswa, karyawan UT dan masyarakat umum.

Agenda Pesta Jujur Terbuka dibuka secara simbolik oleh Kepala UPBJJ Yogyakarta, Dra. Diah Astusti M.Si. Dengan diiringi oleh puluhan anak-anak yang tergabung dalam kelompok drumband SD. Kanisius Pugeran kegiatan jalan santai berkesan semarak dan antusias. Pada akhir pertunjukan anak-anak membentangkan spanduk berisi pesan “ Ajari Kami Jujur, Esok Kami Tidak Jadi Koruptor”.

Dilanjutkan dengan Pesan Kejujuran yang disampaikan oleh Bapak Darmanto Baskara Aji selaku Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga DIY yang mewakili Wakil Gubernur DIY. “Kegiatan ini bisa menjadi refleksi kritis terhadap integritas kaum muda yang tergerus dari masa ke masa” tanggapan dari Baskara Aji.

Ditempat yang sama, Bapak Hasmonel selaku Kepala Satuan Pengawasan Internal UT yang mewakili Rektor UT, menyatakan dukungan dan apresiasi atas kegiatan mahasiswa dan berharap mampu menjadi gerakan kejujuran. Turut memeriahkan serangkaian acara “Pesta Jujur Terbuka” seniman lawak Yogyakarta (Dalijo, Titik Renggani dan Gareng Rakasiwi) , Paduan Suara Mahasiswa “Adisvara Patria UT” dan pertunjukan Barongsai.

Puncak kegiatan adalah mahasiswa UT mengajak seluruh ratusan audience untuk mendeklarasikan Jujur Ora Ajur sebagai janji pribadi sebagai mahasiswa, bagian civitas akademika UT dan masyarakat DIY untuk menjunjung komitmen jujur, anti plagiasi dan integritas.

Tujuan dari Festival Integritas Universitas Terbuka #Jujur Ora Ajur adalah meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam upaya pembangunan integritas di lingkungan pendidikan tinggi, serta upaya-upaya pencegahan perilaku tidak jujur. Dengan adanya Festival Integritas Kampus kali ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran pentingnya kejujuran di setiap elemen, serta menjadi awalan untuk sebuah gerakan dinamika mahasiswa yang terbuka , jujur dan berbaur.

Naskah : Yasmine Nuryanti Agustiya