Bersama UT, Pemprov Kalimantan Tengah Tingkatkan Kualitas SDM

Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dan Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ir. Tian Belawati M.Ed. Ph.D melaksanakan penandatanganan Kesepakatan Bersama untuk peningkatan sumber daya manusia di wilayah Kalimantan Tengah. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat pagi, 7 Oktober 2016 di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur.

Tujuan dari kerja sama ini untuk meningkatkan kualifikasi S1 para kepala desa dan sekretaris desa Kalimantan Tengah melalui program studi Ilmu Pemerintahan dan Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah UT. Jumlah mahasiswa UPBJJ-UT Palangka Raya 5.423 orang yang tersebar di 13 kabupaten dan 1 kotamadya.

Mou_prov_kalteng

34 Program studi S1 yang ditawarkan dan 6 program studi S2. Saat ini UPBJJ-UT Palangka Raya memiliki kurang lebih 118 mahasiswa program S2 dan 50% diantaranya menempuh proses pembelajaran fully online. UPBJJ-UT Palangka Raya telah mewisuda kurang lebih 10 wisudawan fully online pada tahun 2015 dan 2016.

Dalam Sambutannya Gubernur mengharapkan kerjasama dengan UT ini dapat dilaksanakan dinas pendidikan Provinsi dengan dukungan para Bupati dalam meningkatkan kapasitas dan kualifikasi para Kepala desa dan sekertaris desa. Saat ini Kalimantan Tengah memiliki kurang lebih 1500 desa dan diharapkan pada tahun 2020 para kepala desa dan sekertaris desa telah lulus dengan kualifikasi Sarjana. Mereka dapat meningkatkan kapasitas desa dengan lebih baik. Bagi warga yang cerdas dan tidak mampu akan diberi beasiswa belajar di UT dan mereka bisa tetap membantu orang tua sambil kuliah melalui UT yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh. Dengan demikian SDM ini dapat mewujudkan Kalimantan Tengah yg maju dan cerdas. Dengan adanya kerjasama ini UT mewujudkan misi utamanya menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.