UT Wujudkan Peran Sains dan Teknologi demi Gaya Hidup Perkotaan Berkualitas

Gaya hidup perkotaan yang berkualitas adalah pilihan yang harus dilakukan bagi kelangsungan hidup manusia. Disamping itu, Pertumbuhan Penduduk yang tidak terkontrol, terutama yang terjadi di kota-kota besar, telah mengakibatkan pergeseran gaya hidup masarakat kota. Perubahan gaya hidup seperti penggunaan kendaraan bermotor yang berlebihan serta meningkatnya pemanfaatan bahan bahan kimia dan plastik telah mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan dan meningkatnya stres penduduk.

Bupati Bantaeng, Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M. Agr., hadir sebagai pembicara kunci bersama Kepala UPBJJ-UT Malang Dr. Agus Santoso M.Si., di acara Seminar Nasional Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Terbuka (FMIPA-UT) tahun 2016, bertemakan “Peran Sains dan Teknologi dalam Mendukung Gaya Hidup Perkotaan (Urban Lifestyle) yang berkualitas”. Acara tersebut diselenggarakan pada Kamis, 22 September 2016 bertempat di Gedung Universitas Terbuka Convention Center yang diikuti oleh 223 peserta, terdiri dari 64 pemakalah dan 159 peserta yang berasal dari 13 PTN, 11 PTS, 9 Lembaga penelitian serta para pimpinan di lingkungan UT dan tamu undangan.

semnas_fmipa_2016_bupati_bantaeng

Kegiatan diawali oleh laporan dari panitia Seminar Nasional yang diketuai oleh Dr. Ir. Nurmala Pangaribuan, M.Si.,. Dalam laporannya beliau menjelaskan bahwa Seminar Nasional diselenggarakan secara rutin setiap tahun dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis UT ke-32, dilanjutkan pembukaan secara langsung oleh Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati M.Ed., Ph.D., serta peluncuran buku oleh FMIPA-UT dengan judul yang sama dengan tema seminar. Dalam sambutannya, Prof. Tian memaparkan bahwa melalui seminar ini diharapkan kita tidak saja dapat berbagi ilmu, informasi, dan pengalaman tentang beragam sains dan teknologi dalam mendukung gaya hidup perkotaan yang berkualitas, tetapi kita juga dapat belajar satu sama lain tentang upaya – upaya terobosan berbasis sains dan teknologi, yang dimanfaatkan dalam mendukung gaya hidup perkotaan yang bermutu.

Pada sesi pembicara pertama, Bupati Bantaeng, Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah M. Agr., banyak menjelaskan tentang kesuksesan Kabupaten Bantaeng yang beliau pimpin. Kesuksesan tersebut berasal dari banyaknya Inovasi Teknologi pertanian di Bantaeng, ”kita melakukan kerjasama kepada lembaga pemerintah lainnya untuk menghasilkan team work yang baik serta didukung SDM yang potensial agar bisa menjadi daerah yang berkembang” ujarnya. Saat ini Kabupaten Bantaeng menjadi daerah surplus pertanian dan menjadi contoh untuk daerah lain. Di akhir sesi tanya jawab beliau juga memuji UT terhadap lingkungan kantor UT yang bersih dan penuh dengan ruang terbuka hijau. Pada sesi pembicara kedua, Dr. Agus Santoso., M.Si., lebih banyak menjelaskan isi tentang CAT (Computerized Adaptive Testing) yaitu Metode penggunaan sistem komputer untuk memberikan butir soal yang sesuai dengan kemampuan (ability) peserta tes, dengan pendekatan item response theory (IRT).

semnas_fmipa_2016

Seminar ini merupakan ajang bagi para dosen, praktisi, para pengambil kebijakan, dan masyarakat umum yang “concern” tentang kualitas hidup masyarakat dan lingkungan hidup, untuk mendiskusikan berbagai isu terkait dengan industrialisasi, urbanisasi dan dampaknya terhadap gaya hidup masyarakat perkotaan, serta berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir dampak dari Industrialisasi dan Urbanisasi.

Pada Seminar Nasional FMIPA kali ini terpilih beberapa pemakalah terbaik dengan predikat Penulis Makalah dengan Pujian yakni, Alsuhendra dan Ridawati dari Universitas Negeri Jakarta serta Dwi Iriyani dan Pangesti Nugrahani dari UPBJJ-UT Surabaya. Acara ditutup secara langsung oleh Dekan FMIPA, Dr. Ir. Sri Harijati, M.A,. Dalam sambutannya beliau berharap kegiatan Seminar Nasional ini dapat dilanjutkan dengan kegiatan Riset - riset lainnya serta hasilnya dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.