UT Kembali Berinovasi Melalui UT Radio dan UT TV

Universitas Terbuka (UT) dikenal sebagai kampus pelopor dengan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh berbasis internet. Berbagai inovasi teknologi untuk mendukung proses pembelajaran terus dilakukan UT demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Inovasi terbaru adalah adanya UT Radio dan UT TV yang resmi diluncurkan pada saat puncak acara Dies Natalis UT ke 32, Senin, 5 September 2016 di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC).

launching_ut_tv

UT memfasilitasi UT Radio dan UT TV sebagai media pembelajaran berbasis internet yang dapat diakses secara gratis oleh mahasiswa dan masyarakat umum melalui laman website UT di www.ut.ac.id Pengembangan kedua media baru tersebut bertujuan untuk menyediakan pilihan bagi mahasiswa UT yang beragam dan tersebar di dalam dan di luar negeri untuk mendukung proses kegiatan belajar dan pemantapan penguasaan kompetensi mata kuliah yang dipelajari.

UT-Radio merupakan layanan siaran radio yang ditransmisikan melalui internet, yang menyajikan siaran edukasi umum dan tutorial mata kuliah, diseminasi informasi ke-UT- an, dan hiburan yang mendidik. Sementara UT TV merupakan metamorfosis dari internet TV atau ITV UT sebagai layanan siaran program video yang ditayangankan melalui internet dengan menggunakan saluran You Tube. UT-TV berisi program tutorial, praktik, praktikum dan pengayaan mata kuliah, serta informasi ke-UT- an yang dapat dipilih dan diakses mahasiswa UT sesuai dengan kebutuhannya.

ut-tv

Rektor UT Prof. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan, keberadaan UT-Radio dan UT-TV diharapkan dapat memantapkan penyelenggaraan layanan UT berbasis TIK dan mengokohkan fleksibilitas layanan pendidikan tinggi berkualitas yang diselenggarakan UT.

“Bersama UT, siapapun, di mana pun, dan kapan pun dapat terus belajar meningkatkan kapasitas dan nilai diri sepanjang hayat tanpa terkendala geografis, waktu, dan limitasi finansial.” Papar Rektor.

Rektor juga mengatakan, dengan menempuh pendidikan di UT, setiap anak muda dan segenap warga negara Indonesia dapat membangun harapan dan mimpi-mimpinya untuk terus membangun dan meningkatkan kapasitas dan nilai jual diri, serta menata hari esok yang lebih baik.