Apresiasi Mitra akan Keberhasilan UT di-4-Windu

Selama empat windu atau 32 tahun, Universitas Terbuka (UT) telah berkontribusi terhadap dunia pendidikan khususnya pendidikan terbuka dan jarak jauh di Indonesia. Bukanlah waktu yang singkat bagi UT untuk dapat mengembangkan diri hingga menjadi universitas negeri berkelas seperti saat ini, jika mengingat bahwa UT adalah pertama dan satu-satunya universitas yang mengusung sistem pembelajaran tersebut. Jalan panjang nan berliku telah dilalui UT hingga menginjak usianya yang sekarang.

Namun keberhasilan tersebut bukanlah semata-mata hasil jerih payah UT sendiri tanpa bantuan dan dukungan pihak lain. Pencapaian selama 32 tahun ini juga tak lepas berkat dukungan mitra-mitra yang telah bersinergi bersama UT selama bertahun-tahun. Oleh karenanya kerja sama selama ini merupakan hal yang perlu dijaga. Demi menjaga dan meningkatkan sinergi dengan mitra tersebut, dan dalam rangkaian Dies Natalis ke-32, UT menyelenggarakan Malam Apresiasi kepada Mitra Universitas Terbuka, Senin 5 September 2016 bertempat di Segara Ballroom The Dharmawangsa Hotel, Jakarta. Malam Apresiasi ini diadakan usai Acara Puncak Dies Natalis di pagi harinya.

Rektor UT memberikan buku  4 Windu Membangun Negeriku kepada Perwakilan Dirjen Kemenristekdikti (kanan), Meja Petinggi UT&Tamu (kiri atas), Rektor,PRI&Mooryati Soedibyo

Dalam acara tersebut, Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed.,Ph.D. menyampaikan rasa terima kasihnya kepada mitra-mitra UT yang selama ini telah mendukung UT memberikan layanan pendidikan. Rektor menambahkan, dengan bonus demografi yang dimiliki Indonesia, memberikan beasiswa kepada mahasiswa UT merupakan langkah yang tepat. Dengan memberikan beasiswa melalui UT, mereka dapat berperan membantu memeratakan pendidikan dan pembangunan di Indonesia karena mahasiswa UT tidak perlu datang ke kota untuk menempuh pendidikan tinggi berkualitas. Setelah lulus pun mereka tidak perlu hijrah ke kota tapi dapat tetap tinggal dan membangun daerah asalnya.

Melalui Direktur Pembelajaran Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P., Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Prof. Intan Ahmad, Ph.D. menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada UT atas kerja keras, dedikasi, serta komitmennya dalam rangka memberikan akses pendidikan tinggi yang sangat baik bagi rakyat Indonesia. Intan Ahmad menghimbau kepada seluruh donatur yang malam itu hadir untuk meningkatan kolaborasi dan koordinasi serta donasi untuk mahasiswa melalui UT karena menurutnya “UT singkatan dari Universitas Terhebat”, seperti yang disampaikan oleh Paristiyanti malam itu.

Jalinan kerja sama dengan berbagai pihak memang terus dijaga oleh UT demi meningkatnya hubungan yang saling menguntungkan kedepannya. Setidaknya sebanyak 60 perwakilan mitra UT seperti BRI, BTN, Bank Mandiri, PT. Surya Madistrindo , IKA-UT, para pimpinan media massa, dan beberapa mitra lainnya, diundang dalam acara yang berlangsung selama 2 jam tersebut. Ucapan selamat juga datang dari mitra-mitra UT termasuk dari BRA Mooryati Soedibyo yang merupakan alumni UT.