Semangat Kebersamaan di Tea Walk

Udara bersih dan sejuk sudah menjadi hal yang sulit ditemukan di daerah perkotaan khususnya daerah ibu kota. Kehidupan yang serba cepat dan padat terlebih menambah kepenatan yang dirasakan masyarakatnya, belum lagi lalu lintas yang menghabiskan waktu. Dengan permasalahan tersebut tak menutup kemungkinan kesehatan jiwa dan raga masyarakat perkotaan menjadi terganggu, dan akibatnya, produktifitasnya menurun. Oleh karenanya, mengasingkan diri dari kepenatan atau rekreasi merupakan langkah yang jitu untuk mengisi kembali semangat dan menghilangkan kejenuhan tersebut.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan tersebut seperti acara Tea Walk yang baru-baru ini diselenggarakan Universitas Terbuka (UT) di kawasan Gunung Mas, Puncak-Bogor, tanggal 27 Agustus 2016. Selain merupakan rangkaian acara Dies Natalis UT ke-32, acara ini juga merupakan usaha UT untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan jiwa raga pegawai UT. Acara yang diadakan mulai pagi hari ini diikuti oleh sedikitnya 1000 orang pegawai UT dari berbagai wilayah Indonesia, seperti UT kantor pusat; Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Jakarta, Serang, Bogor, Bandung, dan Layanan Luar Negeri; serta perwakilan dari UPBJJ-UT lainnya di seluruh Indonesia.

Acara Tea Walk dalam Dies Natalis UT ke-32, 27 Agustus 2016

Pagi itu, hamparan hijaunya perkebunan teh dihiasi oleh deretan pegawai UT ketika menyusuri rute sejauh ± 4 km yang sudah disiapkan panitia. Walau harus menempuh perjalanan cukup jauh yang menanjak, semangat peserta tak sedikitpun luntur. Raut wajah-wajah sumringah mereka terpancar di sepanjang perjalanan.

Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. yang juga ikut berjalan menyusuri rute, mengajak seluruh peserta menggunakan waktu di acara Tea Walk tersebut semaksimal mungkin untuk menyenangkan diri sendiri dan menyenangkan orang lain agar pikiran menjadi segar kembali. “Marilah kita melakukan acara kebersamaan ini, berjalan santai sejauh 24 kilo dikurangi 20 kilo” candanya sesaat sebelum melepas pemberangkatan peserta Tea Walk.

Di akhir acara, para peserta disuguhi hiburan berupa panggung musik serta dibagikan puluhan ‘door prize’ atau hadiah undian persembahan dari Bank Mandiri, BRI, dan BTN yang merupakan mitra-mitra UT. Hingga sore hari, para peserta membanjiri acara yang digelar untuk kedua kalinya setelah tahun 1997 ini.