Peringati Kemerdekaan ke 71 RI, UT Tingkatkan Kerja Nyata

Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2016 ini sudah mencapai usia 71 tahun. Setiap tahunnya masyarakat Indonesia dari berbagai elemen turut memeriahkan peringatan kemerdekaan dengan beragam kegiatan bernuansa merah putih sebagai warna identitas negara tercinta ini. Antusias menyambut kemerdekaan pun terlihat di kalangan akademika Universitas Terbuka (UT).

Pagi yang cerah membakar semangat karyawan UT untuk melaksanakan upacara Peringatan 17 Agustus 2016 yang bertempat di pelataran parkir samping gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Peringatan kemerdekaan yang mengusung tema Indonesia Kerja Nyata ini seyogyanya mampu membangkitkan gelora kemerdekaan masyarakat Indonesia untuk terus berinovasi dalam melaksanakan kerja nyata. Hal ini seiring dengan harapan pemerintah Republik Indonesia melalui pidato Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir pada peringatan kemerdekaan tahun ini.

Upacara 17 Agustus 2016

Pidato Menristekdikti itu dibacakan Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D yang bertindak sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya, Menristekdikti mengajak masyarakat Indonesia mengayunkan langkah bersama untuk bekerja secara nyata meneruskan pembangunan. Menurutnya, hanya melalui kerja nyata, cita-cita mulia bangsa sebagaimana ditegaskan dalam Pembukaan UUD 1945 dapat diwujudkan yakni dapat berdiri kokoh sebagai bangsa yang berdaulat. Kesadaran akan hal inilah yang mendasari pencanangan Gerakan Nasional “Indonesia Kerja Nyata” dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71.

Ia juga menyampaikan, beberapa hari lalu Indonesia baru saja memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 21. Perayaan tersebut merupakan wujud penghargaan dan apresiasi atas keberhasilan dan prestasi putera-puteri bangsa Indonesia yang gemilang di bidang iptek. Pada kesempatan yang sama juga telah dicanangkan tahun 2016 sebagai Tahun Inovasi. Diharapkan melalui pencanangan tahun Inovasi ini, ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge based economy) dapat segera diwujudkan.

UT sebagai lembaga pendidikan turut hadir mendukung program pemerintah dalam melakukan inovasi berbasis teknologi. Rektor UT mengatakan, selama ini UT sudah melakukan inovasi teknologi yang modern dan unggul dalam melaksanakan sistem pembelajaran jarak jauh, serta hadir memberikan pelayanan pendidikan hingga menjangkau pelosok negeri. Untuk itu, dalam kesempatan upacara peringatan kemerdekaan ini Rektor pun turut mengajak segenap karyawan UT untuk lebih berinovasi dan meningkatkan kerja keras dan kerja nyata.

Upacara peringatan ini ditutup penampilan alunan musik tradisional angklung karyawan UT yang membawakan lagu Hymne UT dan We Are The Champion. Selamat Memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia! Ayo, kerja nyata, wujudkan mimpi bangsa, dirgahayu Indonesiaku!