Mahasiswa Bidikmisi UT bertemu Menteri

Melalui Program Nawacita pemerintahan Kabinet Kerja berkomitmen secara sungguh- sungguh dalam menyiapkan generasi masa depan yang unggul dan berkarakter, antara lain disiapkan melalui pembangunan pendidikan yang sistematis untuk semua warga bangsa. Semua anak bangsa memiliki hak yang sama dalam memperoleh layanan pendidikan hingga mencapai pendidikan hingga ke jenjang pendidikan tinggi. Pendidikan bukan milik sekelompok masyarakat tertentu, pendidikan adalah milik dan untuk semua.

Wujud dari komitmen tersebut, Pemerintah melalui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi terus memberikan Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi yaitu bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Program ini sejalan dengan Nawacita Pemerintah RI untuk meningkatkan produktifitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. Untuk itu, lulusan Program Bidikmisi, diharapkan dapat mengisi kebutuhan sumberdaya manusia Indonesia yang siap berkompetisi di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Sampai dengan tahun 2015 bantuan biaya pendidikan bidikmisi telah disalurkan untuk 278 – 281 mahasiswa yang tersebar di 121 PTN dan beberapa PTS. Sementara itu jumlah mahasiswa program Adik Papua dan Daerah 3T sampai dengan tahun 2015 berjumlah 1891 yang tersebar di 48 Perguruan Tinggi dan 22 Politeknik.

mahasiswa_bidikmisi_berprestasi

Sebagai upaya untuk meningkatkan silaturahmi, para mahasiswa Bidikmisi dan sebagai bentuk penghargaan bagi para mahasiswa Bidikmisi yang berprestasi serta para peserta program SM – 3T, dan juga para peserta PPG akan dilakukan Temu Nasional 2016 yang dihadiri oleh Ibu Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan , Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta para tokoh Nasional dalam berbagai bidang. Diharapkan melalui Temu Nasional Bidikmisi, Adik Papua, Daerah 3T, dan peserta SM-3T dan PPG 2016 akan lebih termotivasi untuk berprestasi dan semakin mencintai Negeri Tercinta Indonesia.

Peserta Temu Nasional Bidikmisi, Adik Papua, Daerah 3T, SM-3T, PPG SM-3T dan PPGT adalah mahasiswa penerima beasiswa pada tahun 2016 yang berasal dari 123 perguruan tinggi, 14 kopertis dan peserta dari SM-3T, PPG SM-3T dan PPGT berasal dari 23 LPTK dengan rincian 20 LPTK Negeri dan 3 LPTK Swasta. Universitas Terbuka mengirimkan 8 mahasiswa Bidikmisi yakni Ahmad Fadhil dari UPBJJ – UT Jambi program studi (prodi) Manajemen, Mela Maryani dari UPBJJ – UT Bandar Lampung program studi Sosiologi, Ririn Rismawati dari UPBJJ – UT Bogor program studi Ilmu Pemerintahan, Melani dari UPBJJ – UT Surakarta program studi Ilmu Komunikasi, Jayadi dari UPBJJ – UT Pontianak program studi Agri Bisnis, Ni Komang Juni Andani dari UPBJJ – UT Denpasar program studi Manajemen, Dian Ekawati dari UPBJJ – UT Majene program studi Manajemen, Meylany Perpetua Konyanan dari UPBJJ – UT Jayapura program studi Ilmu Pemerintahan. Dari 8 mahasiswa tersebut, ada 4 orang yang memiliki IPK 4,00 yakni Ahmad Fadhil, Mela Maryani, Melani dan Ni Komang Juni Andani.

mahasiswa_bidikmisi_berprestasi

Berbagai rangkaian kegiatan diikuti oleh mahasiswa bidikmisi UT. Temu Nasional ini dilanjutkan dialog Menko PMK dengan peserta. Sebelum ditutup , Menristekdikti bersama Menko PMK memberikan kejutan kepada peserta Bidikmisi dengan memberikan laptop kepada mereka yang mencapai IPK paling tinggi di banding mahasiswa lain. Dari 1500 orang yang mengikuti temu nasional ini, ternyata cuma 9 orang yang beruntung mendapatkan laptop termasuk 2 peserta dari UT. Dua orang yang beruntung memperoleh hadiah laptop tersebut adalah Ahmad Fadhil dan Mela Maryani. Yang lain walau tidak mendapatkan laptop tentunya juga beruntung karena mendapatkan wejangan dan motivasi dari Menristekditi dan Menko PMK dan ini merupakan pengalaman yang sangat berharga. Sebelum kepulangan mereka ke daerah masing-masing, pendamping dari UPBJJ-UT Surakarta, Andreas Sang Aji P,S.E., M.Si mengajak para mahasiswa untuk berkunjung ke stand UT yang berada di Area Ritech Expo, Stadion Manahan Surakarta. Nah, bagi para mahasiswa UT silakan berlomba untuk meraih prestasi, keberuntungan pasti akan menghampiri Anda, sukses juga pasti akan diraih.