Dengan Satu Jari dapat Memperoleh Kesarjanaan

Universitas Terbuka (UT) sebagai Perguruan Tinggi terbuka dan Jarak Jauh selalu berpacu dengan inovasi. Pemanfaatan teknologi guna mempermudah mencari informasi maupun belajar terus dikembangkan oleh UT, agar mahasiswa dapat belajar darimana saja.

UT mengawali pengenalan internet kepada mahasiswa dan menggunakannya sebagai bagian dari sistem pembelajaran sejak tahun 1998, terus berkembang hingga kini tercipta tutorial, registrasi, ujian online. Secara sporadis titik-titik layanan dengan menggunakan teknologi online sudah ada lama di UT.

Inovasi terbaru Universitas Terbuka merupakan program-program yang secara komprehensif sepenuhnya menyatukan seluruh layanan pembelajaran secara online (dari registrasi hingga ujian), dengan harapan tidak ada lagi kendala ruang dan waktu bagi mahasiswa. Jelas syaratnya harus ada koneksi internet yang memadai.

Peluncuran program terbaru UT oleh Rektor pada acara Seminar Wisuda

Pada tanggal 23 Mei 2016, bertempat di Universitas Terbuka Convention Center bersamaan dengan acara Seminar Wisuda Periode II wilayah 2, Rektor UT Prof. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. meluncurkan program-program terbaru UT yaitu:

Empat program S1 online pada tahap I yang sudah dapat diakses oleh masyarakat mulai semester genap (2016.2) adalah; S1 program studi Manajemen; S1 program studi Matematika; S1 program studi Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan; S1 program studi Pendidikan Matematika.

Sedangkan program baru pada program S2 yaitu Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Selain itu UT juga mulai melayani mahasiswa yang ingin mendalami satu matakuliah dari ilmu tertentu tanpa harus menyelesaikan suatu jenjang pendidikan, program ini dinamakan Program Mata Kuliah Mandiri. Pada program ini pendaftaran dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, dengan cara bagaimana saja.

UT berharap dengan peluncuran program-program ini masyarakat dapat terlayani dengan lebih baik, lebih cepat dan lebih menjangkau.