8000-an Lulusan UT untuk Menghadapi MEA

Setelah beberapa tahun menempuh pendidikan tinggi di Universitas Terbuka (UT) dengan sistem terbuka dan jarak jauhnya, sebanyak lebih dari 900 mahasiswa UT dari seluruh Indonesia akhirnya dapat mengecap rasa bangga dan bahagia dari hasil kerja keras mereka selama ini. Pasalnya, mereka dinyatakan lulus dari UT sehingga berhak menyandang gelar dibelakang nama mereka. Yang lebih membanggakan lagi, karena prestasinya, mereka menjadi orang-orang terpilih diantara 8000 lebih wisudawan UT di seluruh Indonesia untuk menghadiri dan dikukuhkan di acara Wisuda Periode I tahun 2016 yang digelar pada 5 April 2016 bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC).

Acara wisuda yang bertemakan “Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Indonesia di Era Masyarakat ASEAN” ini tidak hanya dihadiri oleh wisudawan dari dalam negeri saja, sebanyak 24 mahasiswa dari Hongkong, Taiwan, Korea, dan Singapura pun turut hadir. Mereka merupakan warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri dengan berbagai macam profesi. UT memang memberikan kesempatan bagi siapapun, dimanapun, serta dengan latar belakang apapun untuk menempuh pendidikan tinggi berkualitas demi meningkatkan kapasitas mereka dalam menghadapi persaingan dunia kerja di dalam maupun luar negeri, terlebih lagi di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah diluncurkan pemerintah pada penghujung tahun 2015 lalu.

Wisuda_UT_Periode_I_2016

Sejalan dengan tema kali ini, selain menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan, Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. memaparkan bagaimana MEA menjadi suatu tantangan sekaligus peluang yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk memperoleh taraf hidup yang lebih baik dan merata. Oleh karenanya, UT telah memulai proses penyesuaian kurikulum program studi dengan ketentuan yang ada pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) demi kesiapan mahasiswanya menghadapi persaingan di era MEA, “Melalui penyesuaian ini, diharapkan lulusan UT memiliki kompetensi yang lebih kompetitif baik di pasar tenaga kerja Indonesia maupun ASEAN. Saya mengajak para wisudawan untuk mau dan mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional demi masa depan Indonesia yang lebih baik” pungkas Rektor dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Yovan Aspirandi (wisudawan dari Prodi Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan), Rina Dharmawati (wisudawan dari Prodi S1 Akuntansi), Keliek Bambang (wisudawan dari Prodi D-II Perpustakaan), dan Herlamaya Sapti Nirmala (wisudawan dari Prodi D-II Perpustakaan) menjadi 4 wisudawan terbaik untuk periode I tahun 2016 dengan meraih predikat Cumlaude. Selain itu, dalam rangkaian acara wisuda kali ini, Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si. dikukuhkan sebagai Guru Besar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UT. Wisuda yang digelar hingga siang hari tersebut berakhir dengan meriah dan memiliki kesan mendalam bagi para wisudawan yang akan kembali ke kota asal keesokan harinya.