Gebyar Pesantren 2015

Bertepatan dengan pencanangan hari santri nasional pada tanggal 22 Oktober 2015 oleh Presiden Jokowi, Universitas Terbuka (UT) mengadakan gebyar pesantren 2015 di Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmi As-Syar-ie, Karangmangu, Sarang, Rembang. UPBJJ-UT Semarang menjadi penyelenggara acara ini.

Pemahaman masyarakat tentang UT dirasakan masih belum cukup merata. UT sebagai perguruan tinggi negeri pun masih jarang diketahui oleh masyarakat. Acara Gebyar Pesantren 2015 merupakan upaya UT untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman yang komprehensif dan akurat tentang UT kepada lembaga dan komunitas pendidikan keagamaan, khususnya pondok pesantren. Kegiatan ini juga membangun kolaborasi antara UT dengan pondok pesantren dalam menyediakan layanan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi masyarakat. serta menjadikan UT sebagai institusi pilihan dalam peningkatan pendidikan tinggi bagi komunitas pesantren, baik bagi para santri kelas XII SLTA/Muadalah/Sederajat, ustaz/ustazah, maupun pengasuh/pengelola pondok pesantren.

Acara dimulai dengan laporan ketua penyelenggara acara ini yaitu Kepala UPBJJ-UT Semarang Purwaningdyah SH. M.Hum. Kepala UPBJJ-UT Semarang menyampaikan terima kasih kepada para Bupati beserta jajaran dan pihak yang terkait hingga terselenggaranya gebyar pesantren ini. Pembantu Rektor IV UT, Dr. H. Mohamad Yunus SS MA memberikan sambutan sekaligus menyampaikan pesannya kepada para santri untuk melanjutkan pendidikan tinggi, menyampaikan beberapa inovasi serta kemudahan berkuliah di UT. Bupati Rembang menyampaikan permohonan maaf yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Rembang Bapak Noor Effendi karena berhalangan hadir. Dalam sambutannya beliau menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan kegiatan gebyar pesantren ini.

Antusiasme terlihat dengan hadirnya 800 santri dari 15 ponpes yang ada di Rembang, yang mengikuti acara ini. Terlihat hadir beberapa mahasiswa bidikmisi UT malam itu. Pada acara ini dihadirkan motivator untuk para santri yaitu Budayawan Prie GS. Para santri diajak untuk menggapai mimpi, menjadikan mimpi sebagai harapan untuk menggapai cita-citanya setinggi mungkin. Semoga UT dapat sebagai bahan pendukung para santri meraih impiannya.