Perayaan Dies Natalis ke-31 UT

Perayaan menyambut Dies Natalis UT ke 31 di mulai sejak Upacara Hari Pendidikan Nasional, Mei lalu. Keseluruhan rangkaian tersebut puncaknya yaitu 4 September 2015, sebagai hari Dies Natalis UT ke-31. Serentak di berbagai Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) dan terpusat di Pondok Cabe tepatnya di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), terdapat kemeriahan perayaan acara puncak Dies Natalis ke-31 UT. Acara yang dikoordinasi oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UT (FISIP-UT) ini, dihadiri oleh beberapa pejabat, mitra, mantan rektor dan seluruh staf UT-Pusat. Dies Natalis UT tahun ini mengambil tema "UT Membangun Pagar Bangsa", pagar yang dapat diartikan sebagai benteng atau pelindung, penjaga suatu bangsa. UT memiliki mahasiswa terbanyak di Indonesia sehingga jika tangan mahasiswa, alumni dan stakeholders saling berpegangan, maka akan membentuk suatu pagar yang dapat melindungi bangsa ini. Dengan harapan Membangun Pagar Bangsa, UT juga berperan menjadi pemersatu bangsa lewat pendidikan.

UT terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswanya. Beberapa produk inovasi yang telah diluncurkan antara lain :

  • SALUT (Sentra Layanan UT) adalah SALUT adalah fasilitas layanan UT yang berada di kota/ kabupaten kluster. Fasilitas tersebut untuk mendekatkan dan memudahkan akses layanan kepada mahasiswa, calon mahasiswa atau masyarakat terkait dengan informasi ke-UT-an, registrasi, perolehan bahan ajar, pembelajaran dan kegiatan lainnya. SALUT didukung perangkat komputer, jaringan internet berkecepatan tinggi, dan instruktur IT yang dikelola oleh PT Dwi Guna Cipta Nusantara (DGCN).
  • Contact Center UT dengan brand “Hallo UT” adalah fasilitas komunikasi/interaksi mahasiswa UT atau masyarakat umum dari mana pun dengan berbagai modus (telepon 1500024, SMS, faksimili, chat, e-mail, web, dan media komunikasi lainnya).
  • Toko Buku Digital UT, adalah fasilitas untuk memperoleh bahan ajar digital secara online yang dikelola oleh PT Buqu Global. Toko Buku Digital UT menjual berbagai buku terbitan UT dalam format digital yang lebih fleksibel dan praktis.
  • Wifi ID untuk mahasiswa UT, adalah kerja sama UT dengan PT Telkom yang menyediakan akses internet bebas biaya untuk mahasiswa UT pada access point Indonesia WiFi (@wifi.id) yang terdapat di seluruh Indonesia.
  • Microsoft office 365 untuk mahasiswa UT, merupakan kerja sama UT dengan Microsoft, yang memberikan pengalaman baru dalam meningkatkan efektivitas waktu pembelajaran jarak jauh secara online, dengan memanfaatkan solusi komunikasi terintegrasi berstandar enterprise di dalam lingkungan pendidikan.
  • Massive Open Online Courses (MOOCS) layanan kuliah terbuka dan tidak berbayar bagi masyarakat luas untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya.

UT terus berkontribusi untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik. UT telah mengemban amanat Pemerintah untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia. Layanan pembelajaran UT telah sampai ke wilayah yang selama ini terkendala geografis, seperti masyarakat yang tinggal di daerah terluar, terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) dan juga masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Upaya-upaya tersebut tentu tidak lepas dari dukungan pemerintah khususnya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Pemerintah Daerah, serta segenap mitra kerja yang tiada henti memberikan bantuan dan kerja sama dengan UT untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati., M.Ed., Ph.D dalam sambutannya menyampaikan Makna pagar bangsa adalah pagar untuk melindungi bangsa. Kekayaan alam dapat dikeruk dan habis, dan oleh karenanya tidak dapat diharapkan untuk berfungsi sebagai pagar bangsa. Tetapi, anak bangsa, merupakan bagian integral yang tidak mungkin punah jika kita ingin tetap eksis sebagai sebuah bangsa. Pagar yang akan dapat melindungi sebuah bangsa adalah anak bangsa yang terdidik, memiliki rasa nasionalisme tinggi, memiliki kemandirian, dan bermartabat.

Penerima UT Award dan Rektor Award Dies Natalis UT 31 di UTCC

Penghargaan UT Award diberikan kepada mitra terbaik atas kontribusinya membantu UT di luar negeri, yaitu Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, Taiwan. Peraih Rektor Award untuk UPBJJ-UT terbaik diraih oleh:

  1. UPBJJ-UT Palembang
  2. UPBJJ-UT Bandung
  3. UPBJJ-UT Bengkulu

Acara yang berlangsung sejak pagi tersebut berjalan dengan lancar, hingga ditutup dengan penampilan dari Project Pop yang menghibur para undangan serta karyawan UT. UT berterima kasih atas segala dukungan dan bantuan dari banyak pihak, hingga sampai tahun ke 31 ini masih dapat memberikan layanan pendidikan tinggi bagi masyarakat Indonesia.