UT-KBRI Singapura Membentangkan Sayap Tuk Merengkuh yang Jauh

Sumber daya manusia merupakan aset bangsa yang tak ternilai, dimanapun keberadaannya harus tetap diperhatikan. Universitas Terbuka (UT) sebagai lembaga pendidikan tinggi terbuka jarak jauh sangat peduli akan peningkatan kompetensi anak bangsa. Melalui kesepakatan bersama antara UT dan KBRI di Singapura, yang ditandatangani pada hari minggu 23 agustus 2015, UT memberikan akses bagi warga negara indonesia yang bekerja di Singapura untuk menempuh pendifikan tinggi melalui sistem terbuka jarak jauh. Bertempat di Sekolah Indonesia Singapura (SIS) kesepakatan dibuat oleh Duta Besar RI untuk Singapura Dr. Andri Hadi dan Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D untuk bersama memberikan layanan belajar bagi warga negara Indonesia di Singapura. Acara penandatanganan nota kesepahaman ini diawali dengan Orientasi Mahasiswa Baru (OSMB) UT di Singapura sebanyak 57 orang. Untuk memasuki awal pembelajaran mahasiswa dibekali bagaimana cara belajar efektif agar proses belajar berlangsung dengan baik tanpa harus mengurangi efektifitas kerja. Selain masalah akademik mahasiswa juga diberi pemahaman prosedur pembayaran biaya pendidikan melalui remittance bank dari BRI.

OSMB UT 2015.1 di Singapura didukung oleh KBRI

Mengawali masa perkuliahan mahasiswa diajak untuk lebih mengenal dan memahami apa dan bagaimana sistem pembelajaran terbuka jarak jauh dalam kuliah umum yang disampaikan secara langsung oleh Rektor UT.

foto bersama mahasiswa UT di Singapura 2015

Hadir pada acara tersebut Prof. Dr. Ismunandar atase pendidikan dan kebudayaan RI untuk Singapura, senior vice presiden BRI, Tita Sriati, Kepala sekolah SIS, Agus Triyanto dan ketua kelompok belajar mahasiswa Singapura, para guru SIS dan juga 30 peserta paket C. Rektor UT menyampaikan terima kasih atas kesediaan Duta Besar RI untuk Indonesia yang memberikan perhatiannya pada acara ini, karena secara tidak langsung akan membuat mahasiswa lebih bersemangat dalam menempuh studinya. Dalam sambutannya Duta Besar Indonesia untuk Singapura menyambut baik adanya kerjasama penyelenggaraan layanan pendidikan tinggi UT Singapura, dan akan memperhatikan serta membantu penyelengaraan proses belajarnya serta berterima kasih karena adanya UT maka WNI yang bekerja dapat melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Acara diakhiri dengan pemakaian jaket almamater kepada dua orang mahasiswa sebagai simbol bahwa mereka resmi menjadi mahasiswa UT. Selamat dan mari belajar dan berkarya dalam membangun pagar bangsa.