Membangun Sikap Mental Positif dan Kesehatan Menghadapi Pensiun Pegawai UT

Memasuki masa pensiun merupakan suatu keniscayaan bagi setiap pegawai. Tidak peduli setinggi apapun jabatan dan tugas yang diemban, setiap pegawai (bila sampai saatnya), pasti akan mengalami pensiun. Namun, pensiun bukanlah akhir dari segalanya, seperti yang banyak dipersepsikan orang selama ini. Pensiun merupakan fase baru yang dapat dijalani sama enaknya dengan ketika seseorang masih aktif bekerja.

Untuk menciptakan persepsi baru terhadap masa pensiun, Universitas Terbuka mengadakan pelatihan Prapurnabakti bagi Pegawai UT agar mampu mempersiapkan pensiun sejak lebih awal. Pelatihan ini ditujukan agar setiap pegawai nantinya memiliki sikap mental positif dan kesehatan yang baik menghadapi pensiun. Selain itu, pegawai juga disiapkan untuk memperhatikan aspek finansial agar tetap dapat mandiri ketika pensiun tiba.

Pelatihan ini dilaksanakan dalam 2 angkatan. Angkatan pertama tahun 2015 dilaksanakan pada tanggal 10 sd 13 Agustus dan angkatan ke 2 dilaksanakan pada tanggal 18 -21 Agustus, beertempat di Hotel Bahtera, Cipayung, Bogor. Pembukaan pelatihan angkatan 1 dilakukan oleh Pembantu Rektor II, Ibu Dewi Padmo, berlangsung di Ruang Sidang PPSDM, Gedung Pusat Kualitas. Dalam sambutannya, PR II menyampaikan agar para peserta tetap aktif di masa pensiun dan terus merasa bahagia. Pelatihan angkatan 1 diikuti sebanyak 27 peserta dan angkatan 2 akan dihadiri oleh 35 peserta yang berasal dari berbagai UPBJJ dan kantor pusat UT.

Suasana lingkungan yang asri di Hotel Bahtera Cipayung mengiringi pelaksanaan pelatihan ini. Acara setiap hari dimulai dengan senam pagi pada pukul 05.30 selama lebih kurang 40 menit, dilanjutkan dengan sarapan pagi. Acara di kelas dimulai pada pukul 08.00 sampai pukul 16.30. Acara ditutup dengan kunjungan ke tempat usaha yaitu Roast Chicken di Kota Bogor.