Ayo Kerja Membangun Negeri

17 Agustus merupakan hari yang sangat bersejarah untuk Bangsa Indonesia. Hari tersebut diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Semangat para karyawan Universitas Terbuka untuk melaksanakan upacara bendera sangat tinggi. Sejak pukul 07.00 para karyawan sudah memadati lapangan upacara untuk mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke 70 tahun.

Universitas Terbuka melaksanakan upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2015 pukul 07.30 WIB di pelataran parkir samping gedung UTCC (Universitas Terbuka Convention Center).

Suasana Upacara Bendera HUT Republik Indonesia ke 70 di UT Pusat

Pembina Upacara pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. Bertindak sebagai petugas upacara adalah gabungan dari unit Rektorat, Puslata dan PPSDM. Tema pada peringatan Kemerdekaan tahun ini adalah 70 tahun Indonesia Merdeka: Ayo Kerja Membangun Kualitas Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Untuk Menghasilkan Inovasi Yang Unggul.

Masih pada tempat yang sama, kegiatan diisi dengan pemberian Penghargaan Satya Lencana Karya Satya untuk 20 Tahun sebanyak 20 orang dan 10 Tahun sebanyak 17 orang. Penyematan Satya Lencana Karya Satya tersebut dilakukan oleh Pembina Upacara.

Penyematan lencana karya satya pegawai UT oleh rektor 2015

Sambutan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Menristekdikti), Bapak Mohamad Nasir dibacakan oleh Pembina Upacara. Beliau menyampaikan, dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 70 ini, Pemerintah Indonesia mencanangkan Gerakan Nasional “Ayo Kerja”, Beliau juga mengajak Perguruan Tinggi, mari kita kerja untuk meningkatkan mutu, menghasilkan inovasi, dan meningkatkan daya saing bangsa melalui produk inovasi serta lulusan kita yang bermutu. Bekerja secara sinergis antara lembaga litbang, Perguruan Tinggi dan sektor industri mempunyai peranan yang sangat besar dalam proses peningkatan kapabilitas Indonesia dalam bidang maritim, energi dan pangan, yang diharapkan pada akhirnya dapat berperan menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional.

“sebagai bagian dari aparat negara, di UT etos kerja kita sudah sangat terbangun” tambah Tian dalam sambutannya setelah membacakan sambutan Menristekdikti. Beliau juga menambahkan bahwa UT konsisten dan berkomitmen dalam menjalankan fungsinya, tugas pokok utamanya, visi dan misinya untuk menjadi Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh dengan kualitas dunia untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh masyarakat Indonesia dimanapun berada dan apapun latar belakang mereka.