fbpx

Kuliah Fleksibel

Sesuai Gayamu!

  • Perguruan Tinggi Negeri
  • Jadwal Kuliah Fleksibel
  • Biaya Super Terjangkau
  • Beragam Layanan Online
0

Mahasiswa
Berdasarkan MR 2023/2024 Genap
Keadaan tanggal 25-03-2024 

Negara
0 +
0

Alumni
Berdasarkan MR 2023 Ganjil

UT Daerah
0
UT Luar Negeri
0

Rekognisi Nasional dan Internasional

Universitas Terbuka telah mendapatkan sertifikat internasional bertaraf dunia

Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum, disingkat PTN-BH adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah yang berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom. Di umurnya yang terbilang muda, UT telah meraih kelas tertinggi dalam bentuk institusi pendidikan negeri melalui PP No. 39 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Terbuka Universitas Terbuka kini makin mengokohkan milestone untuk menjadi instistusi penyelenggara pendidikan jarak jauh yang makin berkulitas. Apalagi semenjak UT telah beralih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH)

Sebagai bukti bahwa UT telah melakukan implementasi sistem jaminan kualitas secara konsisten dan berkelanjutan, UT telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 sejak tahun 2006. Dengan diperolehnya Sertifikat ISO 9001 di berbagai proses bisnis dan unit kerja, UT kemudian menerapkan SMM ISO 9001 dalam 2 (dua) bidang utama, yaitu Bidang Manajemen Akademik (MA) dan Bidang Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ). SMM dalam bidang MA diimplementasikan untuk sistem manajerial pengembangan produk akademik di fakultas dan unit-unit pendukung

Sejak 2005, Universitas Terbuka (UT) telah menerima Quality Certificate dari International Council for Open and Distance Education (ICDE). ICDE melakukan reviu kualitas terhadap institusi penyelenggara pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, yaitu dengan memastikan bahwa standar kualitas dan penyediaan layanan terhadap mahasiswa PTJJ terus dijaga dan ditingkatkan. Diperolehnya sertifikat kualitas dari ICDE ini menunjukkan pengakuan bahwa UT telah menyelenggarakan PTJJ sesuai dengan standar kualitas penyelenggaraan PTJJ di dunia internasional.

FIBAA merupakan lembaga akreditasi internasional yang berfokus pada akreditasi institusi pendidikan tinggi pada bidang bisnis, ekonomi, manajemen, hukum, dan ilmu-ilmu sosial yang didirikan pada tahun 1994. FIBAA sebagai lembaga akreditasi internasional terdaftar pada The European Quality Assurance Register for Higher Education (EQAR), dan diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbudristek RI, sesuai dengan Keputusan Mendikbudristek RI No. 83/P/2020 tentang Lembaga Akreditasi Internasional.
Program studi UT yang mendapatkan akreditasi internasional tersebut adalah sebagai berikut:



• Program Studi Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

• Program Studi Manajemen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

• Program Studi Ekonomi Pembangunan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

• Program Studi Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP)

Universitas Terbuka memperoleh 9 Piagam Penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas:

Tahun 2023:
– Perguruan Tinggi dengan Tempat Ujian di Negara Terbanyak (51 Negara)
– Perguruan Tinggi dengan Ujian Online Terbanyak (468.847 Peserta Ujian)
– Perguruan Tinggi dengan Penjualan Bahan Ajar Terbanyak (2.026.843 Eks.)

 

 

 

Tahun 2022:

– Perguruan Tinggi Negeri dengan Penerimaan Mahasiswa Baru Terbanyak
– Perguruan Tinggi Negeri dengan Kelas Virtual Terbanyak
– Perguruan Tinggi Negeri dengan Mahasiswa Terbanyak

Tahun 2021:

– Perguruan Tinggi dengan alumni terbanyak
– Perguruan Tinggi dengan jangkauan layanan terluas
– Perguruan Tinggi dengan lulusan terbanyak yang lulus seleksi CPNS formasi 2019

Apa Kata Mereka

Jadilah salah satu orang hebat seperti mereka

Mitra Kerjasama

Dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh, UT bekerjasama dengan berbagai pihak dalam berbagai hal, seperti penyediaan beasiswa, fasilitas penunjang dan tenaga ahli